Breaking News:

Rekomendasi Wisata

Jelajah Museum RA Kartini di Jepara, Saksi Sejarah Emansipasi Wanita Indonesia

Museum Kartini, saksi sejarah perjuangan emansipasi Indonesia yang dijadikan lokasi wisata menarik di Jepara.

instagram/chendoel
Sosok R.A Kartini tokoh pahlawan perempuan di Indonesia 

TRIBUNTRAVEL.COM - Raden Ajeng (RA) Kartini, sosok yang dikenal sebagai pahlawan emansipasi perempuan itu lahir di Jepara, 21 April 1879.

Berkat kegigihan perjuangan RA Kartini, para wanita mampu melawan diskriminasi yang lumrah terjadi pada zaman itu lewat berbagai tulisan yang dibuatnya.

Untuk mengenang jasa-jasa RA Kartini tersebut, pada 30 Maret 1975 pada masa pemerintahan Bupati Soewarno Djojomardowo, didirikanlah museum yang menyimpan banyak bukti sejarah kehidupan RA Kartini.

Namun, Museum RA Kartini baru diresmikan pada 21 April 1977 oleh Bupati Kepala Daerah Tingkat II Jepara, Soedikto atas usulan wakil rakyat dan bantuan dari Presiden Soeharto.

RA Kartini.
RA Kartini. (jepara.go.id)

Dilansir dari Museumindonesia.com, cagar budaya yang berada di Alun-alun Nomor 1, Jepara, tepatnya di sebelah utara Pendopo Kabupaten Jepara itu memiliki luas bangunan 890 meter persegi dan berdiri di atas tanah seluas 5.210 meter persegi.

Bangunan tersebut terdiri dari tiga bagian, yakni Gedung K, seluas 590 meter persegi, Gedung T, seluas 130 meter persegi dan Gedung N yang saat ini difungsikan sebagai tempat kegiatan berkesenian, seluas 190 meter persegi.

Adapun untuk display atau penyajian ruang koleksi di Museum RA Kartini dibangi menjadi empat ruangan.

Adapun empat ruangan tersebut yakni pertama, Ruang I Badan K untuk koleksi peninggalan RA Kartini berupa benda-benda serta foto semasa masih hidup.

Kemudian, Ruang II Kaki K lantai atas berisi benda-benda peninggalan RMP Sosrokartono.

Selanjutnya, Ruang III Kaki K bawah untuk penyajian benda-benda yang bernilai sejarah dan purbakala yang ditemukan di wilayah Jepara, antara lain arkeologi, keramik dan masih banyak lagi.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Arimbi Haryas Prabawanti
Editor: Ambar Purwaningrum
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved