Breaking News:

Rekomedasi Wisata

Sempat Vakum 2 Tahun, Wisata Belanja Pasar Ikan Balekambang Hidup Kembali

Pasar Ikan Balekambang Solo, surganya ibu-ibu yang gemar belanja dan memasak ikan.

TribunTravel/Arimbi Haryas Prabawanti
Suasana pengunjung di Pasar Ikan Balekabang, Sabtu (20/3/2021). 

TRIBUNTRAVEL.COM – Riuhnya pedagang menjajakan ikan dan pembeli menawar harga bersaut-sautan menyambut pengunjung di Pasar Ikan Balekambang.

Meski sempat vakum hampir dua tahun, pasar yang diresmikan Joko Widodo pada 2012 itu dibuka kembali pada  Rabu (3/2/2021) pukul 19.00 WIB oleh Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Surakarta.

Hingga saat ini, terdapat kurang lebih 25 pedagang membuka lapak di pasar tersebut dan menjajakan ikan laut maupun tambak, mulai dari nila, bawal, lele, gurame, patin, kembung, cumi-cumi hingga kepiting hidup.

Selain menawarkan berbagai jenis ikan dan hewan laut, harga yang ditawarkan juga terjangkau mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 100.000 tergantung jenis, ukuran dan berat yang kamu inginkan.

Untuk ikan lele, harganya Rp 10.000 per kg, cumi-cumi Rp 43.000 per kg, sedangkan untuk patin dan kembung ditawarkan mulai Rp 17.000 per kg.

Tak perlu khawatir, ikan yang dijual bisa dipastikan segar, sehat, dan halal karena sudah diseleksi dan didatangkan langsung dari nelayan-nelayan di Jepara.

Suasana pengunjung di Pasar Ikan Balekambang, Sabtu (20/3/2021).
Suasana pengunjung di Pasar Ikan Balekambang, Sabtu (20/3/2021). (TribunTravel/Arimbi Haryas Prabawanti)

Hal itu terlihat dari warna ikan yang tidak pucat, aromanya tidak busuk, dan tubuh ikan yang masih lengkap serta tidak rusak.

Jika datang dan melihat-lihat ke  Pasar Ikan Balekambang, kamu tidak perlu membayar tiket apapun alias gratis.

Lokasinya yang berada di pusat kota tepatnya di Jalan Depok, Manahan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah membuat Pasar Ikan Balekambang sangat mudah ditemukan dan ramai dikunjungi.

Supaya bisa sampai ke Pasar Ikan Balekambang, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil yang sudah disediakan lapangan parkir dengan membayar retribusi sebesar Rp 1.500 saja..

Mengingat Pasar Ikan Balekambang di buka pukul 19.00 dan tutup 04.00 dini hari, maka kamu tidak disarankan untuk menggunakan transportasi umum saat berkunjung.

Sebagai informasi, Pasar Ikan Balekambang hanya menjual ikan segar untuk dikonsumsi namun belum diolah (tidak menyediakan ikan hias).

Namun, jika kamu ingin mencicipi olahan yang sudah matang, kamu bisa mencicipi aneka masakan ikan dan hasil laut di Resto Balekambang yang terletak persis di samping pasar.

Harga masakan yang dijual juga variatif, mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 150.000 menyesuaikan jenis ikan dan olahan yang diinginkan.

Jika  kebetulan berkunjung pada Jumat di awal bulan purnama, setelah puas memilih-milih ikan, kamu bisa melanjutkan wisata dengan menonton pertunjukan Ramayana Taman Balekambang.

Selain itu, kamu juga bisa mencicipi aneka street food atau kuliner kaki lima di Pusat Jajanan Rakyat (Pujasera) Manahan yang berada 500 meter dari Pasar Ikan Balekambang.

Salah seorang pengunjung, Rini mengaku senang karena hadirnya Pasar Ikan Balekambang membuatnya lebih mudah berbelanja ikan dengan harga lebih murah.

“Sekalian jalan-jalan malam, alternativ wisata yang tergolong menyenangkan untuk kaum ibu-ibu,” katanya kepada Tribun Travel, Sabtu (20/3/2021).

Rini juga berharap, ke depannya, Pasar Ikan Balekambang bisa lebih dikembangkan lagi agar pengunjung lebih nyaman saat berbelanja.

“Mungkin kalau sudah masuk ke kiosnya masing-masing akan nampak lebih tertata, tapi secara keseluruhan, fasilitasnya sangat patut untuk diapresiasi,” pungkasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved