Breaking News:

Urban Sun, Teknologi yang Digadang Bisa Membunuh Virus Corona di Ruang Publik

Urban Sun merupakan lampu yang dikatakan dapat dengan aman membersihkan virus corona hingga 99,9 persen dari permukaan umum dan di udara.

Youtube/ Dezeen
Urban Sun merupakan lampu yang dikatakan dapat dengan aman membersihkan virus corona hingga 99,9 persen dari permukaan umum dan di udara dalam sekejap mata. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Studio Roosegaarde ingin menyelamatkan ruang publik dengan bantuan teknologi baru yang memanfaatkan sinar matahari.

Pada bulan Maret ini, perusahaan desain dari Belanda tersebut meluncurkan Urban Sun.

Melansir laman Travel + Leisure, Urban Sun merupakan lampu yang dikatakan dapat dengan aman membersihkan virus corona hingga 99,9 persen dari permukaan umum dan di udara dalam sekejap mata.

"Kami dapat membuat sebuah tempat bebas virus hingga 99,9 persen dalam beberapa menit, tergantung pada cuaca dan lokasi, sehingga kemungkinan jatuh sakit atau saling menularkan sangat berkurang," pendiri studio Daan Roosegaarde mengatakan kepada Dezeen.

Baca juga: China Kembangkan Smart City yang Dikendalikan Teknologi Canggih, Bisa Kenali Kebiasaan Warga

Proyek teknologi ini dikembangkan oleh ilmuwan dan peneliti dari Amerika Serikat, Jepang, Italia, dan Belanda.

Menurut perusahaan tersebut, Urban Sun menggunakan far-UVC, sejenis sinar ultraviolet yang memiliki kemampuan untuk membunuh virus tanpa menimbulkan risiko kesehatan bagi manusia.

Cahaya dapat digunakan untuk menyinari lingkaran besar ke ruang publik, termasuk stasiun kereta, sekolah, dan lapangan umum.

Urban Sun merupakan lampu yang dikatakan dapat dengan aman membersihkan virus corona hingga 99,9 persen dari permukaan umum dan di udara dalam sekejap mata.
Urban Sun merupakan lampu yang dikatakan dapat dengan aman membersihkan virus corona hingga 99,9 persen dari permukaan umum dan di udara dalam sekejap mata. (Youtube/ Dezeen)

"Tujuannya bukan untuk mengatakan bahwa kami tidak membutuhkan vaksin atau bahwa kami tidak membutuhkan masker," tambah Roosegaarde.

"Urban Sun tidak menyembuhkan virus corona, tetapi memungkinkan pertemuan sosial menjadi lebih aman," tambahnya.

Jet Bussemaker, Presiden Dewan Kesehatan Masyarakat dan Dewan Masyarakat, badan penasihat parlemen independen Belanda, memuji proyek tersebut.

Ia mengatakan, "ini menginspirasi. Orang-orang bosan dengan Covid-19. Yang kita butuhkan adalah keberanian untuk menemukan solusi baru, untuk berhubungan satu sama lain, dan menciptakan keintiman. Itulah yang dilakukan Urban Sun."

Meskipun teknologinya mungkin tampak tidak masuk akal, sebenarnya sudah dalam pengembangan untuk digunakan di dalam ruangan, menurut Dezeen.

Perusahaan seperti Boeing ingin menggunakan teknologi ini untuk membersihkan kabin dalam hitungan menit, sehingga memungkinkan perjalanan yang lebih aman bagi semua penumpang.

"Tiba-tiba dunia kita dipenuhi dengan penghalang plastik dan stiker berjarak. Mari kita menjadi arsitek normal baru kita dan menciptakan tempat yang lebih baik untuk bertemu," kata Roosegaarde.

Halaman
123
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved