Breaking News:

Kurangi Limbah Makanan di Pesawat, Etihad Akan Gunakan Teknologi Kecerdasan Buatan

Etihad Airways akan menggunakan kecerdasan buatan untuk membantu mengatasi masalah limbah makanan dalam penerbangannya.

Instagram/ @Oliver Holzbauer
Etihad Airways Airbus A330-243 

TRIBUNTRAVEL.COM - Etihad Airways akan menggunakan kecerdasan buatan untuk membantu mengatasi masalah makanan yang ada dalam penerbangannya.

Maskapai penerbangan nasional Uni Emirat Arab (UEA) tersebut memulai proyek yang memanfaatkan visi komputer dan pemelajaran mesin dengan tujuan mengurangi volume makanan yang terbuang dalam penerbangan.

Melansir dari laman thenational.ae, Senin (14/9/2020), proyek ini bekerja sama dengan Lumitics, perusahaan rintisan teknologi pangan yang berbasis di Singapura.

Makanan yang disajikan di kelas ekonomi pada penerbangan Etihad akan dilacak untuk mencatat pola konsumsi makanan dan tingkat limbah di seluruh jaringan maskapai.

Etihad Tawarkan Asuransi Covid-19 Gratis, Mencakup Biaya Medis hingga Pemakaman

Ini akan dilakukan dengan menggunakan produk Lumitics 'Insight Lite', yang akan memantau jumlah makanan yang tidak dimakan selama penerbangan saat pesawat mendarat di bandara.

Program ini menggunakan kecerdasan buatan dan pengenalan gambar untuk mengidentifikasi jenis dan jumlah makanan yang tidak dikonsumsi, tanpa memerlukan interaksi manusia.

Data ini akan digunakan oleh Etihad dalam rencana untuk mengurangi limbah makanan, meningkatkan perencanaan makanan pada tingkat yang terperinci, dan menurunkan biaya operasional.

Jadi, misal sejumlah X hidangan ayam selalu dibiarkan tidak dimakan dalam penerbangan dari Chicago, mereka akan mengurangi hidangan ayam pada layanan tersebut.

1,1 Juta Ton Makanan Terbuang Setiap Tahun

Pada 2017, International Air Transport Association (IATA) menemukan bahwa sekira 1,1 juta ton makanan terbuang percuma dari katering dalam penerbangan.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Muhammad Yurokha May
Editor: Arif Setyabudi Santoso
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved