Breaking News:

Terdampak Covid-19, Lebih dari Setengah Pilot Maskapai Penerbangan di Dunia Saat Ini Tidak Bekerja

Sebuah survei baru-baru ini mengungkap fakta mengejutkan, di mana lebih dari setengah pilot maskapai penerbangan di dunia saat ini tidak lagi terbang.

Penulis: Ratna Widyawati
Editor: Sinta Agustina
theconversation.com
Ilustrasi pilot saat menerbangkan pesawat. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah membawa dampak signifikan bagi industri penerbangan.

Banyak negara yang menutup akses perbatasan dan membuat industri penerbangan harus jungkir balik.

Sebuah survei baru-baru ini bahkan mengungkap fakta mengejutkan, di mana lebih dari setengah pilot maskapai penerbangan di dunia saat ini tidak lagi terbang.

Laporan tersebut juga menuduh bahwa pilot yang masih bekerja di maskapai penerbangan merasa kurang dihargai oleh perusahaannya selama ini.

Baca juga: 10 Momen Menegangkan yang Pernah Dialami Pilot, Termasuk Mesin Pesawat yang Tiba-tiba Mati

Melansir Foxnews.com, Jumat (29/1/2021), Studi ini diselenggarakan oleh Goose Recruitment yang berbasis di Inggris dan publikasi industri FlightGlobal, menurut laporan Reuters.

Hampir 2.600 pilot diwawancarai untuk jajak pendapat tersebut.

Sebanyak 43 persen pilot masih melakukan pekerjaannya saat ini.

Pandemi virus korona yang mendunia telah memperumit pergerakan internasional dan berdampak bagi industri penerbangan pada umumnya.

Ilustrasi pilot di kokpit.
Ilustrasi pilot di kokpit. (pexels.com)

Di mana jumlah permintaan untuk perjalanan liburan anjlok karena pejabat kesehatan mendesak masyarakat untuk tinggal di rumah dalam perang melawan Covid-19.

Menurut jajak pendapat, sekitar 10 persen pilot telah dipindahkan ke peran non-terbang.

Sisanya telah diberhentikan atau terdaftar sebagai pengangguran.

"Kami juga dapat melihat efek pandemi terhadap pilot yang bekerja," kata Mark Charman, CEO dan pendiri GOOSE Recruitment.

"Sejumlah besar merasa tidak aman tentang pekerjaan mereka, semakin banyak yang berencana mencari peran baru tahun ini serta banyak yang merasa kurang dihargai oleh perusahaan mereka," imbuhnya.

Seiring perkembangan dan distribusi vaksin COVID-19 yang memicu harapan untuk masa depan, karyawan maskapai penerbangan berada dalam posisi yang tidak pasti untuk saat ini.

CEO United Airlines Scott Kirby, baru-baru ini mengatakan bahwa dia mempertimbangkan untuk mewajibkan vaksin untuk semua karyawan.

Pesaing Delta, American dan Southwest, sementara itu, telah menyarankan bahwa mereka akan memberikan vaksin gratis untuk staf mereka, jika memungkinkan.

Pilot Jadi Kuli Bangunan dan Tenaga Pengantar

Seorang mantan pilot maskapai penerbangan komersial, Patrick Pawelczak, banting setir menjadi kuli bangunan dan tenaga pengantar karena pandemi virus corona.

Mantan pilot asal Sant Andreu de Llavaneres, Barcelona, Spanyol, tersebut menceritakan kisahnya yang beralih profesi tersebut melalui LinkedIn.

Unggahan tersebut kini menjadi viral dan telah dilihat hingga 15 juta kali dalam hitungan hari.

Halaman
12
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved