Breaking News:

Arkeolog Temukan Kerangka Balita dan Anjing di Makam Kuno Berusia 2.000 Tahun

Seorang Arkeolog Prancis menemukan kerangka balita dan anak anjing yang terkubur dalam satu liang di Pemakaman kuno

Penulis: Septi Nandiastuti
Editor: Ambar Purwaningrum
Pixabay/ PeterDargatz
Ilustrasi kerangka manusia 

TRIBUNTRAVEL.COM - Arkeolog Prancis menemukan kerangka balita dan anak anjing yang terkubur dalam satu liang di Pemakaman kuno yang diperkirakan berusia 2.000 tahun.

Temuan Arkeolog ini berlokasi di Aulnat, Auvergne, Prancis Tengah, ketika sebuah tim dibentuk untuk meninjau perluasan lahan bandara.

Menurut Institut Nasional untuk Penelitian Arkeolog Pencegahan (INRAP) Prancis, penemuan ini sungguh luar biasa karena baru pertama ditemukan.

Balita dimakamkan bersama anjing peliharaan dikelilingi benda-benda yang menunjukkan status sosial anak tersebut.

"Banyaknya barang-barang pecah belah dan hewan yang disembelih serta barang-barang pribadi yang ditemukan di makam anak itu, menunjukkan posisi istimewa yang dimiliki keluarganya",kata arkeolog dalam pernyataan INRAP.

Hubungan anjing dengan seorang anak kecil didokumentasikan dengan baik dalam konteks pemakaman, tetapi di sini kerah dan loncengnya tidak biasa.

Balita itu diperkirakan berusia 1 tahun ketika dia meninggal, TribunTravel melansir dari livescience.

Tidak diketahui apakah balita itu berjenis kelamin laki-laki atau perempuan karena sulit untuk menentukan jenis kelamin pada anak tersebut.

Para Arkeolog menemukan pemakaman pada November 2020, mereka mencatat bahwa pemakaman itu terletak di pemukiman di Gaul.

Pemakaman berasal dari era Augusto-Tiberian, atau pada masa pemerintahan kaisar Romawi pertama dan kedua pada Agustus (memerintah 27 SM hingga 14 SM) dan Tiberius (memerintah 14 M hingga 37 M).

Halaman
12
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved