Breaking News:

Maskapai Ini Turunkan Penumpang yang Tak Pakai Masker dan Malah Berpidato di Pesawat

Maskapai American Airlines telah melakukan ketegasan tentang protokol kesehatan yaitu menurunkan penumpang yang tak mau pakai masker.

Flickr/airbus777
Pesawat American Airlines. 

TRIBUNTRAVEL.COM - American Airlines belum lama ini telah menurunkan penumpang wanita karena menolak pakai masker.

Insiden itu terjadi dalam penerbangan dari Charlotte, NC, ke Washington DC.

Seorang penumpang wanita yang tidak memakai masker itu belum diidentifikasi identitasnya.

Berdasarkan rekaman video yang viral di media sosial Twitter, wanita tersebut tampak meneriaki kru maskapai dan penumpang lain dalam pesawat.

"Jika kita tidak berdiri, itu hanya akan menjadi lebih buruk," teriak penumpang wanita.

Dia berteriak sambil berdiri di lorong kabin dalam penerbangan American Airlines 2198, Minggu (10/1/2021) malam.

Baca juga: Seluruh Kru Maskapai Singapore Airlines Diminta Memakai Alat Pelacak, Kenapa Ya?

Sedangkan penumpang lain yang memerhatikan keributan itu langsung merekam video dan membagikannya di akun @EmirSX.

Pengguna yang diketahui bernama Emir Sfaxi ini menambahkan bahwa wanita itu juga berusaha memberikan podato tentang "tirani".

Wanita bermantel hijau itu membuat kericuhan dengan semua yang ia katakan.

Kru maskapai American Airlines penerbangan 2198 telah melaporkan insiden tersebut.

"Menyusul beberapa permintaan untuk memenuhi persyaratan wajib menutupi wajah, satu penumpang berdiri dan mulai meneriaki pramugari dan pelanggan sekitarnya," kata American Airlines dalam sebuah pernyataan.

"Federal Air Marshals turun tangan untuk membantu mengurangi dan mempertahankan kendali situasi selama penerbangan."

"Pesawat itu mendarat tanpa insiden lebih lanjut dan disambut pada saat kedatangan oleh Polisi Otoritas Bandara Metropolitan Washington," tambah American.

Diwartakan dalam Foxnews, telah dikonfirmasi bahwa penumpang itu telah ditempatkan pada daftar penolakan internalnya selagi menunggu penyelidikan lebih lanjut.

Insiden tak menyenangkan itu terjadi di tengah beberapa kasus penumpang lainnya yang diduga menyebabkan gangguan di pesawat American Airlines.

American Airlines saat ini mewajibkan semua penumpang yang berusia di atas 2 tahun untuk memakai masker wajah dan tidak akan lagi membuat pengecualian medis di tengah pandemi virus corona.

TONTON JUGA:

Pilotnya Ancam 'Buang' Penumpang dari Pesawat, Ini Kata American Airlines

Baru-baru ini sedang ramai diperbincangkan soal pilot yang mengancam akan 'membuang' penumpang.

Insiden tersebut terjadi dalam penerbangan American Airlines pada Jumat (8/1/2021).

Salah satu penumpang dalam penerbangan, yang berangkat dari Bandara Nasional Ronald Reagan di Washington DC menuju Bandara Internasional Phoenix Sky Harbor di Phoenix, Arizona merekam insiden tersebut.

Video itu menunjukkan banyak penumpang, di antaranya ada yang memakai topi MAGA merah, serta ada juga yang meneriakkan "USA, USA" selama pengumuman overhead.

Sementara itu, dalam video yang diunggah penumpang lain, memperlihatkan saat pilot mengancam akan 'membuang' penumpang yang mengganggu.

"Beginilah jadinya. Um, ini penerbangan empat setengah jam ke Phoenix. Kita akan menurunkan pesawat ini di tengah Kansas dan membuang penumpang, aku tidak peduli," terdengar ucapan pilot dalam rekaman video.

Pilot itu melanjutkan, "Itu...Kami akan melakukan itu jika memang diperlukan. Jadi tolong bersikap baiklah."

Turis wanita yang mengunggah video tersebut adalah seorang aktivis konservatif, Mindy Robinson.

Robinson juga menyarankan dalam cuitan di Twitternya kalau teriakan "USA" itu merupakan tindakan yang mendorong munculnya reaksi pilot.

Robinson juga mengisyaratkan bahwa penumpang yang meneriakkan "USA" tersebut tidak mengikuti setiap aturan yang persis seperti yang diwajibkan oleh penumpang maskapai penerbangan komersial, menurut Federal Aviation Administration (FAA) dan industri penerbangan swasta itu.

Menanggapi insiden ini, American Airlines mengatakan, beberapa penumpang menolak untuk mematuhi pernyataan dari maskapai yakni kewajiban memakai masker.

"Sebelum berangkat dari Bandara Nasional Ronald Reagan Washington (DCA), pilot di dalam penerbangan 1242 membuat pengumuman yang menekankan pentingnya mengikuti instruksi anggota awak dan mematuhi kebijakan wajib menutupi wajah (pakai masker)," kata seorang perwakilan maskapai dalam sebuah pernyataan yang diperoleh oleh Fox News.

Pengguna Twitter lain tampak menanggapi video viral di medsos itu dengan menulis, "Ini perusahaan swasta. Kamu harus mengikuti aturan mereka, atau kamu tidak mendapatkan layanan mereka. Begitulah cara kerja pasar bebas."

Insiden itu hanyalah salah satu dari banyak contoh maskapai penerbangan yang menanggapi penumpang yang mengganggu setelah kerusuhan di Capitol AS, di mana gerombolan pendukung Trump menembus pintu masuk dan menyerbu gedung.

Pekan lalu, Alaska Airlines melarang 14 penumpang yang menolak memakai masker dan melecehkan anggota kru di pesawat dari DC ke Seattle.

Dan pada Kamis, American Airlines telah mengonfirmasi bahwa mereka tidak akan lagi menyajikan alkohol dalam penerbangan ke dan dari wilayah Washington DC sebagai tindakan pencegahan, hanya satu hari setelah pendukung Trump dalam penerbangan dari Texas ke Washington DC bentrok dengan penumpang lain setelah mendarat di Bandara Internasional Dulles.

Baca juga: 8 Maskapai Tertua yang Masih Beroperasi di Seluruh Dunia

Baca juga: Isi Kotak Ceri Miliknya Berkurang Saat Ditinggal di Bandara, Penumpang Ini Curigai Staf Maskapai

Baca juga: Viral Video Pilot Ancam Turunkan Paksa Sejumlah Penumpang yang Sulit Diatur, Ini Tanggapan Maskapai

Baca juga: Maskapai Ini Tawarkan Penerbangan ke Yunani dengan Tarif Cuma Rp 3 Ribuan

Baca juga: 20 Maskapai Teraman di Dunia pada 2021, Adakah Maskapai Penerbangan Indonesia?

(TribunTravel.com/Nurul Intaniar)

Ikuti kami di
Penulis: Nurul Intaniar
Editor: Sinta Agustina
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved