Breaking News:

Bandara Hang Nadim Batam Berlakukan Rapid Test Antigen Mulai Hari Ini, Berapa Tarifnya?

Bandara Hang Nadim di Batam, Kepulauan Riau memberlakukan Rapid Test Antigen atau Polymerase Chain Reaction (PCR) mulai hari ini, Selasa (22/12/2020).

Penulis: Ratna Widyawati
Editor: Sinta Agustina
Tribun Batam/Istimewa
Suasana Bandar Udara Internasional Hang Nadim, Kota Batam, Provinsi Kepri, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Bandara Hang Nadim di Batam, Kepulauan Riau memberlakukan Rapid Test Antigen atau Polymerase Chain Reaction (PCR) mulai hari ini, Selasa (22/12/2020).

Aturan ini sesuai dengan peraturan yang diterapkan oleh pemerintah pusat melalui Kemenkes serta Satgas Gugus Tugas Covid-19.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur BUBU Hang Nadim Batam Benny Syahroni melalui telepon mengatakan, kebijakan itu berlaku untuk penumpang yang hendak terbang ke Jawa (termasuk Jakarta), Bangka Belitung dan Bali.

"Tercatat ada enam daerah di Indonesia sudah menerapkan dan memberlakukan rapid test antigen, dan tidak menutup kemungkinan hal senada juga sudah mulai diberlakukan dari dan ke Bandara Hang Nadim di Batam mulai Selasa (22/12/2020)," kata Benny, Senin (21/22/2020).

Baca juga: Lion Air Tergelincir di Bandara Lampung, Empat Maskapai Lain Batal Terbang

Benny menjelaskan, jika mengikuti surat edaran Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Nomor 3 tahun 2020, pembelakuan rapid test antigen terhitung sejak 20 Desember 2020.

Oleh karena itu, nantinya calon penumpang yang datang maupun berangkat melalui Bandara Hang Nadim di Batam wajib membawa dokumen hasil rapid test antigen berbasis swab.

Bandara Internasional Hang Nadim Batam
Bandara Internasional Hang Nadim Batam (Instagram/@batamdaily)

"Sebenarnya hari ini sudah bisa diterapkan. Namun ada kelonggaran dari Tim Gugus Tugas Covid-19 Batam, sehingga baru Selasa (22/12/2020) diberlakukan wajib rapid test antigen," ungkap Benny.

Terkait pelayanan rapid test antigen di Batam, Benny menyebutkan saat ini baru tersedia di dua rumah sakit, yakni RS Bhayangkara dan RS Halimah.

"Namun di bandara juga sudah ada, sudah kami siapkan buat calon penumpang di Bandara Hang Nadim, namun kalau bisa hal ini dilakuka sehari sebelum keberangkatan," papar Benny.

Benny mengatakan masa berlaku rapid test antigen hanya 3x24 jam atau tiga hari.

Layanan pemeriksaan di Bandara Hang Nadim dikenai biaya Rp 270.000 hingga Rp 275.000 sesuai dengan keputusan Kemenkes RI.

"Jika waktunya mepet, penumpang bisa melakukan rapid test antigen empat jam sebelum keberangkatan, namun tetap kami sarankan sehari sebelum keberangkatan biar tidak terburu-buru," pungkas Benny.

Tonton juga:

Diketahui, beberapa daerah di Indonesia telah mewajibkan setiap pengunjung untuk melampirkan surat keterangan hasil rapid test antigen dengan hasil negatif Covid-19 sebagai syarat perjalanan.

Aturan tersebut dikeluarkan Kemenkes RI dan dipertegas dengan surat edaran yang dikeluarkan oleh kepala daerah masing-masing untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

Hal ini dilakukan karena perjalanan antar-daerah dipastikan meningkat seiring dengan masuknya perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Besok, Bandara Batam Berlakukan Rapid Test Antigen dengan Biaya Rp 275.000"

Baca juga: Viral, Pria yang Kangen Terbang Ini Beli Kursi Pesawat untuk Bikin Rekayasa Penerbangan di Rumah

Baca juga: Studi Menemukan Bahwa Panas Dapat Secara Efektif Membunuh Covid-19 di Pesawat

Baca juga: Tertimpa Mesin Pesawat, Mekanik Maskapai American Eagle Tewas

Baca juga: Beli Kursi Pesawat Lalu Pasang di Rumah, Pria Ini Dapatkan Tawaran Penerbangan Kelas Satu

Baca juga: Jangan Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini Sebelum Naik Pesawat Agar Perutmu Tak Bermasalah

Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved