Breaking News:

Sepasang Suami Istri Temukan Surat Era Perang Dunia I yang Hilang Lebih dari 110 Tahun

Sepasang suami istri menemukan tak terduga ketika tengah berjalan-jalan di Alsace, Perancis.

pexels.com
Ilustrasi 

TRIBUNTRAVEL.COM - Sepasang suami istri menemukan tak terduga ketika tengah berjalan-jalan di Alsace, Prancis.

Mereka menemukan sebuah pesan dari merpati pos yang hilang lebih dari 110 tahun lalu.

Pesan tersebut dikirim oleh seorang tentara Jerman pada perang dunia I menggunakan seekor merpati pos.

Pesan dari prajurit infanteri itu menuliskan dia berbasis di Ingersheim, ditulis dalam bahasa Jerman dengan tulisan tangan yang nyaris tidak dapat dibaca.

Baca juga: Pecahkan Rekor, Berlian Purple-Pink Langka Ini Dijual Seharga Rp 378 Miliar

Melansir AFP, pesan itu dialamatkan kepada perwira atasan, menurut Dominique Jardy, kurator Museum Linge di Orbey, Prancis timur.

Pesan itu diperkirakan terjadi pada tahun 1910 atau mungkin bisa jadi 1916. Saat itu, Ingersheim, kini menjadi departemen Grand Est Prancis merupakan bagian dari Jerman.

Seorang pria menunjukkan pesan yang dia temukan dari kapsul pesan merpati pos di Perancis Timur. Pesan yang diduga berasal dari tahun 1910 itu ditemukan pada September 2020 di Alsace, Perancis.
Seorang pria menunjukkan pesan yang dia temukan dari kapsul pesan merpati pos di Perancis Timur. Pesan yang diduga berasal dari tahun 1910 itu ditemukan pada September 2020 di Alsace, Perancis. (AFP/SEBASTIEN BOZON)

Sepasang suami-istri bernama Juliette dan Jardy Halaoui itu menemukan pesan dari tentara Prusia dalam kapsul kecil pada September kemarin di sebuah ladang di Ingersheim, Alsace, Prancis.

"Ketika benda ini dijelaskan kepada saya, saya sangat bersemangat seperti orang gila. Ini pertama kalinya saya melihat sesuatu seperti ini dalam 40 tahun [bekerja]," kata Jardy kepada situs berita DNA Prancis.

Pesan itu telah dibawa ke Museum Linge, di Orbey, museum yang didedikasikan untuk salah satu pertempuran paling berdarah Perang Dunia I, dari tahun 1914 sampai 1918.

Jardy meminta bantuan seorang teman dari Jerman untuk menjelaskan isi pesan itu. Pesan itu sendiri ditulis di atas sepotong kertas kalkir dan dimasukkan ke dalam kapsul yang diikat pada kaki burung merpati.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Ratna Widyawati
Editor: Sinta Agustina
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved