Breaking News:

PT KCI Akan Kelola KA Lokal, Tahap Awal di Wilayah Daop 6 Yogyakarta dan Daop 1 Jakarta

PT KAI menugaskan PT KCI untuk mengelola KA Lokal yang tahap awalnya akan dilakukan di wilayah Daop 6 Yogyakarta.

Penulis: Nurul Intaniar
Editor: Sinta Agustina
Flickr/dolanansepur
Ilustrasi perjalanan KA Jatinegara, Jumat (2/10/2020). 

TRIBUNTRAVEL.COM - PT Kereta Commuter Indonesia (KAI Commuter) akan mengoperasikan kereta api lokal di Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta dan Daop 1 Jakarta.

Kinerja baru ini merupakan sebuah penugasan dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk meningkatkan standar layanan yang selama ini sudah diterapkan di layanan KRL Commuterline.

Selama ini KAI Commuter telah mengelola layanan KRL Commuter Line di Jabodetabek dengan melayani hingga 1 juta pelanggan per hari sebelum pandemi Covid-19.

“Kami mengharapkan KAI Commuter mampu menerapkan standar layanan yang tinggi sebagaimana selama ini sudah berhasil diterapkan pada layanan KRL Commuterline,” tutur Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo.

Didiek menjelaskan, standar layanan dari KAI Commuter terbukti dapat meningkatkan jumlah penumpang dari waktu ke waktu, serta indeks kepuasan penumpang yang trennya semakin membaik.

“Pada masa pandemi ini, KAI Commuter juga masih melayani ratusan ribu pengguna per hari namun dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan,” tambah Didiek.

Berencana Naik Kereta Api di Tengah Pandemi? Simak Protokol Kesehatan Ini

Ilustrasi perjalanan KA Siliwangi, Jumat (25/9/2020).
Ilustrasi perjalanan KA Siliwangi, Jumat (25/9/2020). (Flickr/AFRP_19)

“Pengelolaan KA Lokal oleh KAI Commuter ini juga bentuk dorongan KAI kepada KCI untuk melakukan ekspansi ke luar wilayah Jabodetabek sesuai dengan perubahan nama menjadi Kereta Commuter Indonesia pada 2017 dari sebelumnya KAI Commuter Jabodetabek,” lanjut Didiek.

Adapun pada tahap awal penugasan pengelolaan KA Lokal oleh KAI Commuter di wilayah Daop 6 Yogyakarta ini adalah Kereta Prambanan Ekspres yang melayani Kutoarjo-Yogyakarta-Solo Balapan (PP).

Sementara di wilayah Daop 1 Jakarta, KA Lokal yang ditugaskan adalah KA Lokal Merak Jaya relasi Rangkasbitung-Merak (PP).

Selanjutnya di wilayah Daop 6 Yogyakarta, KAI juga mendukung program elektrifikasi yang dilakukan Kementerian Perhubungan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Klasemen PON XX Papua

pon xx papua
No Kontingen Jumlah
1 Bali 1 1 0 2
2 Papua 1 1 0 2
3 Daerah Khusus Ibukota Jakarta 0 0 2 2
4 Jawa Barat 0 0 2 2
5 Aceh 0 0 0 0
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved