Breaking News:

Kerajinan Miniatur Mobil Asal Sumedang, Mirip Aslinya Meski Dibuat dari Bahan Sederhana

Jika singgah ke Kabupaten Sumedang, miniatur berbagai jenis mobil ini bisa jadi suvenir untuk dibawa pulang.

Editor: Rizky Tyas Febriani
Tribun Jabar/ Hilman Kamaludin
Maman Rustaman, warga Dusun Caricangkas, RT 1/4, Desa Karyamukti, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang mampu menciptakan miniatur mobil berbagai jenis meskipun hanya bermodal alat dan bahan sederhana 

TRIBUNTRAVEL.COM - Maman Rustaman, warga Dusun Caricangkas, RT 1/4, Desa Karyamukti, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat mampu menciptakan miniatur mobil berbagai jenis meskipun hanya bermodal alat dan bahan sederhana.

Pria berusia 38 tahun yang memang ahli dalam bidang mebel ini, setiap harinya bekerja membuat kerajinan miniatur mobil truk, pikap, mobil bus dan berbagai jenis mobil lainnya dari bahan kayu triplek dan pvc.

Saat membuat miniatur mobil itu, Maman Rustaman tampak teliti dan detail dalam mengolah kayu triplek dan pvc menggunakan pisau dan alat lainnya agar hasilnya benar-benar menyerupai bentuk mobil yang asli.

Saat membuat miniatur mobil itu, Maman memulainya dengan membuat rangka terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan ke pembuatan bagian depan hingga ban mobil yang juga sangat mirip dengan ban yang asli.

Tak hanya itu, Maman juga mewarnai miniatur mobil yang sudah jadi dengan warna-warna yang sangat menarik, sehingga tak heran hasil kreatifitasnya itu bisa terjual dengan harga hingga jutaan rupiah.

"Miniatur mobil yang dijual bermacam-macam dan tergantung peminatnya. Saya mengerjakan mobil miniatur ini sendiri tanpa ada bantuan orang lain," ujar Maman saat ditemui di kediamannya, Minggu (27/9/2020).

Pembuatan kerajinan miniatur mobil tersebut sudah dijalaninya selama tiga tahun yang berawal dari hobi. Terlebih, dia juga dulunya memang memiliki latar belakang sebagai pengrajin mebel.

"Selain membuat miniatur truk, bis dan pikap, saya juga menerima pembuatan miniatur mobil jenis lainnya sesuai keinginan dan pesanan dari konsumen," katanya.

Maman Rustaman, warga Dusun Caricangkas, RT 1/4, Desa Karyamukti, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang mampu menciptakan miniatur mobil berbagai jenis meskipun hanya bermodal alat dan bahan sederhana
Maman Rustaman, warga Dusun Caricangkas, RT 1/4, Desa Karyamukti, Kecamatan Tomo, Kabupaten Sumedang mampu menciptakan miniatur mobil berbagai jenis meskipun hanya bermodal alat dan bahan sederhana (Tribun Jabar/ Hilman Kamaludin)

Sementara terkait penjualan, hasil kerajinannya itu tak hanya dijual di daerah Sumedang, tetapi penjualannya pernah dikirim hingga keluar pulau jawa seperti Kalimantan, Bali dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Sistem pemasaran dan penjualannya sebagaian besar dipesan oleh konsumen secara online," ucap pria berambut gondrong ini.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved