Breaking News:

Dieng Culture Festival 2020 Akan Digelar Virtual Selama 2 Hari

Dieng Culture Festival (DCF) akan digelar secara virtual dan gratis melalui YouTube, Facebook, Instagram, dan Mice.id.

Dok. Kelompok Sadar Wisata Dieng
Prosesi pemotongan rambut gembel di pada rangkaian Dieng Culture Festival (DCF) di Komplek Candi Arjuna, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Dieng Culture Festival (DCF) akan digelar secara virtual dan gratis pada Rabu-Kamis (16-17 September 2020) melalui YouTube, Facebook, Instagram, dan Mice.id.

“Konsepnya iya hanya undangan VIP 50 orang, stakeholder terkait DCF. Kegiatannya disiarin live,” kata Ketua DCF Alif Fauzi, Minggu (13/9/2020).

Selama DCF Virtual, serangkaian acara yang akan ditampilkan adalah Ritual Cukur Rambut Gembel, Pentas Seni Tradisional, Webinar, Aksi Dieng Bersih, dan Jazz Atas Awan.

Untuk Ritual Cukur Rambut Gembel, Alif mengatakan bahwa pihaknya hanya akan mengundang tiga anak agar memudahkan penerapan jaga jarak.

Sebelumnya, pihaknya biasa mengundang 10-11 anak.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berkesempatan memotong salah satu peserta dari 11 anak yang mengikuti prosesi pemotongan rambut gembel di komplek Candi Arjuna, Banjarnegara, Jawa Tengah, Prosesi ini menjadi salah satu bagian dari gelaran Dieng Culture Festival (DFC), Minggu (7/8).
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berkesempatan memotong salah satu peserta dari 11 anak yang mengikuti prosesi pemotongan rambut gembel di komplek Candi Arjuna, Banjarnegara, Jawa Tengah, Prosesi ini menjadi salah satu bagian dari gelaran Dieng Culture Festival (DFC), Minggu (7/8). (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)

“Tiga anak, di rumah pemangku adat. Kami buat panggung, disiarin,” kata Alif.

Sementara itu untuk Pentas Seni Tradisional, para penonton akan disajikan enam penampilan kesenian, seperti tarian masyarakat dan pentas musik.

Alif melanjutkan, para penari dan pemain musik akan tampil di depan green screen selama acara disiarkan.

“Webinar pertama menyampaikan kilas balik DCF dari awal hanya budaya masyarakat sampai jadi salah satu daya tarik budaya untuk pariwisata dan pembelajaran,” ujar Alif.

Konsep Jazz Atas Awan masih dibicarakan

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Sinta Agustina
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved