Pramugari Ungkap Kode Rahasia dalam Penerbangan yang Tidak Dipahami Penumpang

Ada beberapa kata-kata yang biasa digunakan oleh pramugari ketika berkomunikasi dengan awak kabin lainnya yang biasanya bersifat rahasia.

unsplash.com/@neonbrand
Ilustrasi pramugari dan penumpang pesawat 

TRIBUNTRAVEL.COM - Pesawat yang mempunyai ruang terbatas berarti komunikasi dan pembicaraan awak kabin dan pilot berpotensi dapat didengar oleh penumpang.

Maka dari itu, pramugari dan awak kabin lain sering menggunakan kode-kode khusus berupa kata-kata yang mereka sendiri pahami artinya.

Biasanya, kode rahasia ini memiliki makna khusus untuk saling mengingatkan satu dengan yang lain terkait sesuatu yang sedang terjadi.

Ada beberapa kata-kata yang biasa digunakan oleh pramugari ketika berkomunikasi dengan awak kabin lainnya yang biasanya bersifat rahasia.

Dilansir oleh TribunTravel dari express.co.uk, berikut beberapa kode rahasia yang biasa digunakan baik oleh pramugari maupun awak kabin.

  • Air Pocket

Biasanya, kata ini digunakan ketika pesawat akan mengalami turbulensi namun tidak ingin memberitahu penumpang karena berakibat pada rasa cemas.

Jika seorang pilot berbicara mengenai air pocket, ini berarti perjalanan pesawat akan bergelombang sehingga pramugari perlu bersiap diri.

  • Code Bravo

Kata lain yang umum digunakan dan yang sekarang banyak dipahami adalah 'Code Bravo' yakni kode untuk peringatan keamanan umum di bandara atau di dalam pesawat.

Petugas keamanan biasanya akan mengucapkan kata itu sangat keras dan berulang-ulang kali.

Awak kabin menggunakan frasa ini untuk mengalihkan perhatian penumpang dari bahaya yang sebenarnya sehingga mereka dapat menangani situasi tanpa gangguan.

  • Bin Sin
Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Gigih Prayitno
Editor: Rizky Tyas Febriani
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved