Breaking News:

Momen Bersejarah! Hagia Sophia Gelar Shalat Jumat Pertama Kalinya, Ornamen Kristiani Ditutup Tirai

Salat Jumat untuk pertama kalinya digelar di Hagia Sophia, Turki setelah dua minggu resmi difungsikan kembali sebagai masjid.

Murat CETINMUHURDAR / TURKISH PRESIDENTIAL PRESS SERVICE / AFP
Gambar yang dirilis oleh kantor pers kepresidenan Turki pada 23 Juli 2020 ini menunjukkan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (C), Menteri Pariwisata Mehmet Nuri Ersoy (kanan) dan Kepala Direktorat Urusan Agama Turki Ali Erbas (kiri) berpose di Hagia Sophia masjid, Istanbul. (Murat CETINMUHURDAR / LAYANAN PERS PRESIDEN TURKI / AFP) 

TRIBUNTRAVEL.COM - Pada Jumat (24/7/2020), untuk pertama kalinya salat Jumat digelar di Hagia Sophia, Istanbul, Turki setelah 86 tahun beralihfungsi dari masjid menjadi museum.

Sebelumnya, pada 10 Juli 2020 lalu, Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan resmi menetapkan Hagia Sophia kembali menjadi masjid.

Jauh sebelum menjadi masjid, bangunan berusia 1.500 tahun ini mulanya adalah sebuah gereja Kristen Ortodoks yang dibangun di Konstantinopel (sekarang Istanbul) pada abad ke-6 di bawah arahan Bizantium Kaisar Justinian I.

Pada tahun 1453, Konstantinopel kemudian ditaklukkan oleh Ustmani di bawah kepemimpinan Sultan Mehmed II.

Sultan Mehmed II lalu memerintahkan pengubahan gereja utama Kristen Ortodoks ini menjadi masjid.

 • Menilik Perjalanan Panjang Hagia Sophia Turki, dari Gereja, Museum, Hingga Resmi Jadi Masjid

Namun, di bawah kepemimpinan Presiden Mustafa Kemal Ataturk, pendiri Turki modern setelah jatuhnya Ottoman, masjid itu kemudian dijadikan museum.

Setelah digunakan sebagai gereja selama 916 tahun dan masjid selama 481 tahun, Hagia Sophia resmi menjadi museum pada tahun 1934.

Kini, Hagia Sophia yang juga disebut sebagai Aya Sofya ini kembali berfungsi sebagai masjid.

Dikutip dari Kompas.com, salat Jumat pertama di Hagia Sophia ini diperkirakan akan dihadiri oleh sekitar 1.000 orang jamaah.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: ronnaqrtayn
Editor: ronnaqrtayn
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved