Viral Video Jenazah ABK WNI Kapal Tiongkok Dilarung ke Laut, Ini Tanggapan Kemenhub

Sebuah video Anak Buah Kapal (ABK) WNI yang meninggal dan dilarung ke laut viral di media sosial baru-baru ini.

MBC
Tangkapan layar video viral ABK WNI Kapal Tiongkok yang meninggal dan dilarung ke laut. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Sebuah video Anak Buah Kapal (ABK) WNI yang meninggal dan dilarung ke laut viral di media sosial baru-baru ini.

Dalam video tersebut, tampak sejumlah orang melarung bungkusan seperti kantong jenazah ke laut lepas.

Video yang dirilis oleh MBC itu diulas oleh YouTuber Jang Hansol di kanalnya, Korea Reomit, pada Rabu waktu setempat (6/5/2020).

Dalam video itu, kanal MBC memberikan tajuk "Eksklusif. 18 jam sehari kerja, jika jatuh sakit dan meninggal, dilempar ke laut."

KBRI Berlin Fasilitasi 239 WNI ABK AIDA Cruises Jerman Pulang ke Tanah Air

Tangkapan layar video viral ABK WNI Kapal Tiongkok yang meninggal dan dilarung ke laut.
Tangkapan layar video viral ABK WNI Kapal Tiongkok yang meninggal dan dilarung ke laut. (MBC)

Kejadian ABK dibuang ke laut ini tertangkap kamera saat kapal ikan Long Xin 605 dan Tian Yu 8 yang berbendera China berlabuh di Busan, Korea Selatan.

Menanggapi video viral yang menyebutkan anak buah kapal atau ABK Indonesia yang meninggal di kapal berbendera Tiongkok lalu dilempar ke laut, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut buka suara terkait bagaimana seharusnya penanganan jenazah di kapal yang sedang berlayar di laut.

Direktur Perkapalan dan Kepelautan, Capt. Sudiono menyampaikan duka yang mendalam atas meninggalnya ABK berkewarganegaraan Indonesia di kapal penangkap ikan berbendera Tiongkok yang sedang berlayar.

Tonton juga:

Ia juga memastikan bahwa keluarga almarhum akan mendapatkan hak-haknya berupa pembayaran gaji selama bekerja sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

"Kami telah menghubungi pihak perusahaan dan memastikan hak-hak yang bersangkutan, seperti gaji, dana duka, asuransi dan lain sebagainya dapat dipenuhi," tutur Capt. Sudiono, Kamis (7/5/2020).

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Ratna Widyawati
Editor: Sinta Agustina
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved