Breaking News:

KBRI Berlin Fasilitasi 239 WNI ABK AIDA Cruises Jerman Pulang ke Tanah Air

Sebanyak 239 WNI Anak Buah Kapal AIDA Cruise (AIDAstella dan AIDAnova) telah difasilitasi kepulangannya ke Indonesia oleh KBRI Berlin.

Penulis: Ratna Widyawati
Editor: Sinta Agustina
Dok. KBRI Berlin
Sejumlah WNI ABK AIDA Cruises yang dipulangkan ke Indonesia, Minggu (3/5/2020). 

TRIBUNTRAVEL.COM - Sebanyak 239 WNI Anak Buah Kapal AIDA Cruise (AIDAstella dan AIDAnova) telah difasilitasi kepulangannya ke Indonesia oleh KBRI Berlin, Sabtu (2/5/2020).

Pemulangan sejumlah ABK AIDA Cruise ini sebagai wujud dari upaya pemerintah Indonesia dalam melindungi warga negaranya di tengah pandemi virus Corona (COVID-19).

Dalam keterangan resmi, disebutkan bahwa para WNI diterbangkan dari Bandara Frankfurt menggunakan pesawat carter Condor dan akan tiba di Bandara Soekarno-Hatta keesokan harinya, Minggu (3/5/2020).

Cegah Penyebaran COVID-19, Kebun Binatang di Texas Ini Bakal Terapkan Konsep Drive-Thru

Sejumlah WNI ABK AIDA Cruises.
Sejumlah WNI ABK AIDA Cruises. (Dok. KBRI Berlin)

Perusahaan kapal pesiar AIDA telah menghentikan seluruh operasi pelayarannya mulai 13 Maret 2020.

Sebagian besar dari 14 kapal yang dioperasikan bersandar di Canary Island dan Tenerif.

“Setelah keputusan untuk menghentikan operasi, kami segera berupaya memulangkan para penumpang ke negara mereka masing-masing.Kami sangat bersyukur respon dan koordinasi cepat dengan berbagai pihak sangat baik, termasuk tanggapan dan fasilitasi yang diberikan KBRI Berlin," ujar Hansjörg Kunze, Vice President for Communication AIDA.

Tonton juga:

Pihak AIDA sangat kooperatif dan memperhatikan standar kesehatan bagi para awaknya.

Pihaknya juga memastikan bahwa para awak kapal yang dipulangkan tidak terpapar COVID-19 dan telah melalui tes sesuai dengan standar protokol kesehatan yang berlaku di negara penerima.

Pihak AIDA juga menanggung seluruh transportasi dan akomodasi bagi para WNI yang dipulangkan ke Indonesia..

“Saat berkoordinasi dengan AIDA, kita secara tegas mensyaratkan bahwa para ABK yang dipulangkan masing-masing harus telah memiliki sertifikat kesehatan bebas COVID-19, yang dikeluarkan oleh instansi berwenang," tutur Duta Besar Indonesia untuk Jerman Arif Havas Oegroseno.

Halaman
12
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved