Jokowi Kunjungi Puncak Waringin, Spot Instagramable Buat Nikmati Senja di Labuan Bajo

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara, Iriana Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Labuan Bajo, NTT pada Minggu (19/1/2020).

Jokowi Kunjungi Puncak Waringin, Spot Instagramable Buat Nikmati Senja di Labuan Bajo
dok Kemenparekraf
Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, meninjau Pusat Industri Kreatif Puncak Waringin, di Labuan Bajo, NTT, Senin (20/1/2020). 

TRIBUNTRAVEL.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara, Iriana Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Minggu (19/1/2020).

Dalam kunjungan kerjanya, Jokowi meninjau Terminal Multiguna di Labuan Bajo dan kawasan Puncak Waringin.

Kunjungan Jokowi kali ini untuk melihat secara langsung pengembangan salah satu destinasi wisata prioritas tersebut.

Melansir siaran pers di laman setneg.go.id, Selasa (21/1/2020) kunjungan kerja Jokowi rencananya akan berlangsung hingga hari ini.

"Besok Presiden akan meninjau proyek pembangunan terminal multipurpose Labuan Bajo dan meninjau kawasan Puncak Waringin. Selain itu, Presiden juga akan meresmikan sarana pendukung pariwisata, yaitu sebuah hotel milik BUMN,” kata Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono, Minggu (19/1/2020).

Presiden Jokowi saat meninjau Labuan Bajo dalam kunjungan kerjanya pada Minggu (19/1/2020).
Presiden Jokowi saat meninjau Labuan Bajo dalam kunjungan kerjanya pada Minggu (19/1/2020). (dok Kemenparekraf)

Tak hanya itu, untuk pengembangan kawasan destinasi wisata prioritas tersebut, Jokowi juga ingin agar usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) setempat tidak ditinggalkan.

Kunjungi Labuan Bajo, Jokowi akan Pergi ke Puncak Waringin dan Resmikan Sebuah Hotel

Jokowi berharap nantinya ada sebuah creative hub yang akan menggarap produk-produk lokal baik dari sisi pengemasan, desain, harga dan lain-lain.

“Kita harapkan nantinya tenun, kopi, kerajinan, makanan khas betul-betul bisa tumbuh dan seiring dengan itu juga atraksi budaya lokal, kesenian daerah juga harus semakin hidup dan menghidupkan area yang ada di Labuan Bajo,” jelasnya.

Tonton juga:

Dilansir TribunTravel dari laman Kompas.com, Selasa (21/1/2020) Puncak Waringin menjadi tempat memamerkan barang kerajinan sekaligus creative hub dari kesenian lokal Labuan Bajo.

Di mana nantinya terdiri dari bangunan utama seluar 350 meter persegi.

Bangunan ini mempunyai dua lantai yaitu lantai pertama untuk lounge dan lantai kedua untuk pusat cenderamata dan viewing deck.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, meninjau Pusat Industri Kreatif Puncak Waringin, di Labuan Bajo, NTT, Senin (20/1/2020).
Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, meninjau Pusat Industri Kreatif Puncak Waringin, di Labuan Bajo, NTT, Senin (20/1/2020). (dok Kemenparekraf)

Seperti yang diketahui Puncak Waringin merupakan satu spot Instagramable yang banyak digunakan wisatawan untuk menikmati senja di Labuan Bajo.

Dari atas Puncak Waringin ini pula wisatawan bisa menyaksikan langsung pemandangan memukau dari kapal-kapal dan perahu nelayan yang berlayar maupun bersandar.

Maka tidak heran, jika Jokowi berencana membangun dan mengembangkan wisata di kawasan Puncak Waringin.

Puncak Waringin ini pun didesain akan mempunyai ruang terbuka publik seluas 1.700 meter persegi yang dilengkapi dengan amplitheater dan area parkir seluar 235 meter persegi.

Estimasi anggaran yang dianggarkan untuk pembangunan dan pengembangan destinasi wisata ini mencapai Rp 22 miliar.

Salah satu arsitek setempat, Yori Antar mengatakan jika creative hub akan menjadi lokasi riset wisata.

"Nanti akan menjadi tempat bagaimana membuat produk-produk yang bisa diperjualbelikan baik indoor maupun outdoor, ini kan tempat jual souvenir, nah creative hub akan menjadi semacam tempat riset yang bisa menghasilkan produk-produk wisatanya," kata Yori.

Jokowi Bocorkan Konsep Baru Wisata Labuan Bajo: Ada Plaza hingga City Walk

Foto-foto Kapal Pinisi Mewah yang Dinaiki Jokowi untuk Berlayar di Labuan Bajo

Menilik Plataran Komodo, Resor Mewah yang Diinapi Presiden Jokowi di Labuan Bajo

Presiden Jokowi Bersama Belva Devara Nikmati Senja Labuan Bajo dari Kapal Pinisi

Presiden Jokowi Berlayar Naik Kapal Pinisi di Labuan Bajo, Tinjau Perkembangan Wisata Bahari

(TribunTravel.com/ Ratna Widyawati)

 
Ikuti kami di
Penulis: Ratna Widyawati
Editor: Rizky Tyas Febriani
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved