8 Tempat Wisata di Jogja yang Indoor, Alternatif Destinasi yang Bisa Dikunjungi ketika Musim Hujan

Berikut sederet tempat wisata indoor yang bisa Anda pilih meski hujan datang.

8 Tempat Wisata di Jogja yang Indoor, Alternatif Destinasi yang Bisa Dikunjungi ketika Musim Hujan
TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawestri
pengunjung saat melihat koleksi Pameran Bersama Barahmus di Benteng Vredeburg 

TRIBUNTRAVEL.COM - Musim hujan telah tiba. Terkadang, hujan turun tak menentu, membuat Anda sulit menentukan kapan waktu liburan yang tepat.

Namun jangan khawatir, berikut sederet tempat wisata indoor yang bisa Anda pilih meski hujan datang.

Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir. Tapi, pastikan juga Anda tetap membawa payung dan peralatan lain agar tidak kehujanan.

1. Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo
Museum Sonobudoyo (www.sonobudoyo.com)

Jika ingin belajar sejarah dan kebudayaan Jawa, Anda dapat mengunjungi tempat tersebut. Museum ini tak hanya menyimpan koleksi benda-benda bersejarah, namun bangunanya pun memiliki arsitektur Jawa.

Museum tersebut dianggap paling lengkap setelah Museum Nasional Republik Indonesia di Jakarta. Selain itu, keramik pada zaman Neolitik dan patung perunggu dari abad ke-8, museum ini juga menyimpan bebebrapa bentuk wayang kuit, berbagai senjata kuno seperto keris dan topeng jawa.

Pengunjung melihat wayang dalam pameran 'Wayang : Tanpa Batas' di Museum Sonobudoyo, Yogyakarta, Senin (6/11/2017). Pameran ini mempersembahkan koleksi wayang milik museum, koleksi pribadi, dan seniman.
Pengunjung melihat wayang dalam pameran 'Wayang : Tanpa Batas' di Museum Sonobudoyo, Yogyakarta, Senin (6/11/2017). Pameran ini mempersembahkan koleksi wayang milik museum, koleksi pribadi, dan seniman. (TRIBUNJOGJA.COM / Bramasto Adhy)

Museum Sonobudoyo terbagi menjadi dua unit, unit pertama terletak di Jalan Jalan Trikora No. 6 Yogyakarta, sedangkan Unit II terdapat di Ndalem Condrokiranan, Wijilan, di sebelah timur Alun-Alun Utara Keraton Yogyakarta.

Museum Sonobudoyo yang terletak di bagian Alun-alun Utara itu juga buka di malam hari dan menampilkan pertunjukkan wayang kulit yang masih khas dengan menggunakan bahasa jawa diiringi dengan musik klasik gamelan Jawa.

Bagi Anda yang ingin menikmati pertunjukkan wayang kulit, Anda dapat mengunjungi tempat ini dari jam 20.00-22.00 WIB.

2. Ullen Sentalu

Wisata ke Museum Ullen Sentalu, Mempelajari Budaya Jawa di Lereng Merapi
Wisata ke Museum Ullen Sentalu, Mempelajari Budaya Jawa di Lereng Merapi (instagram.com/ullensentalu)

Bagi Anda yang tertarik dengan seni dan budaya, tentu tempat ini akan menjadi lokasi yang wajib dikunjungi ketika berlibur ke Yogyakarta. Nama destinasi wisata ini adalah Museum Ullen Sentalu.

Ullen Sentalu menyimpan berbagai koleksi peninggalan budaya dan kehidupan bangsawan Jawa pada masa kerajaan Mataram.

Nama Ullen Sentalu sendiri berasal dari kata Ulating Blencong Sejatine Tataraning Lumaku yang berarti Pelita Kehidupan Umat Manusia.

Museum Ullen Sentalu
Museum Ullen Sentalu (instagram.com/ullensentalu)
Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: Gigih Prayitno
Sumber: Tribun Jogja
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved