5 Maskapai Ini Gunakan Motif Batik dan Songket untuk Seragam Pramugari

Ada beberapa maskapai penerbangan yang menggunakan kain tradisional seperti kain motif batik dan songket sebagai seragam pramugarinya.

5 Maskapai Ini Gunakan Motif Batik dan Songket untuk Seragam Pramugari
MaryHop
Pramugari Singapore Airlines. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Seragam yang dikenakan pramugari selalu dirancang khas dan identik dengan identitas maskapainya.

Dari berbagai macam seragam pramugari, ternyata ada beberapa maskapai penerbangan yang menggunakan kain tradisional seperti kain motif batik dan songket sebagai seragamnya.

Berikut lima maskapai penerbangan yang menggunakan kain tradisional motif batik dan songket sebagai seragam pramugarinya.

1. Garuda Indonesia

Maskapai penerbangan asal Indonesia, Garuda Indonesia ini bangga menggunakan kain batik sebagai ciri khas seragam pramugari.

Seragam pramugari dari maskapai Garuda Indonesia menggunakan kebaya polos yang dipadukan sarung batik bermotif 'Lereng Garuda Indonesia'.

Seragam pramugari dari maskapai Garuda Indonesia memiliki empat varian warna, yaitu oranye, biru, ungu dan hijau toska.

Seragam pramugari Garuda Indonesia warna oranye memiliki arti memberikan kesan hangat, ramah dan penuh energi, sedangkan warna biru memberikan kesan andal, terpercaya, berwibawa dan menenangkan.

Untuk seragam pramugari Garuda Indonesia warna hijau toska, memberi kesan tropis yang berkelas dan menyegarkan, sedangkan untuk warna ungu menampilkan kesan elegan, inspiratif dan kreatif.

Tonton juga:

12 Benda yang Selalu Dibawa Pramugari Saat Bertugas di Pesawat

Tidak Seindah yang Dibayangkan, Begini Sisi Lain Profesi Pramugari

2. Batik Air

Maskapai penerbangan Batik Air ternyata juga memiliki seragam menggunakan kain tradisional berupa batik, untuk seragam pramugarinya.

Seragam pramugari Batik Air yaitu kebaya berwarna putih dan bawahan berupa kain batik berwarna ungu yang berasal dari Manado, Sulawesi Utara, yang dikenal dengan nama Kaeng Manado.

Tak hanya itu, seragam pramugari Batik Air ini juga pernah tampil di atas runway fashion show, yang berkolaborasi dengan desainer Hartono Gan dan William Mulia.

Pramugari dari Sejumlah Maskapai Ungkap 9 Hal Mengejutkan Tentang Pekerjaannya

Sudah Tahu? Ini Ruang Rahasia Tempat Pilot dan Pramugari Tidur di Pesawat

3. Singapore Airlines

Ternyata nggak hanya maskapai penerbangan dalam negeri saja yang menggunakan kain batik sebagai seragam pramugarinya.

Maskapai penerbangan asal Singapura, Singapore Airlines ini menggunakan kain batik sebagai seragam pramugari, dengan model sarong kebaya yang membuat penampilan pramugarinya makin anggun dan memukau.

Ternyata seragam pramugari Singapore Airlines didesain oleh desainer asal Perancis, Pierre Balmain pada tahun 1972.

Seperti yang dilansir dari laman womensweekly.com, Singapore Airlines memiliki empat warna yang berbeda untuk seragam pramugarinya.

Di antaranya warna biru untuk pramugari penerbangan, hijau untuk pemimpin pramugari, merah untuk kepala pramugari, dan ungu untuk supervisor pramugari saat penerbangan.

9 Hal Mengejutkan yang Diungkap Pramugari Tentang Pekerjaannya

Alasan Pramugari Khawatir Saat Penumpang Memesan Kopi di Pesawat

4. Malaysia Airlines

Malaysia Airlines juga menggunakan sarong kebaya untuk seragam pramugarinya.

Seperti yang dilansir dari laman Bellatory, seragam pramugari sarong kebaya dari Malaysia Airlines ini pertama kali didesain oleh desainer Andy Chiew, yang kemudian pada tahun 1986 didesain ulang oleh desainer dari Malaysia, yaitu dari MARA Institute of Technology, School of Fashion and Design.

5. Thai Airways

Maskapai penerbangan asal Thailand ini            menggunakan kain tradisional berupa kain songket sebagai seragam pramugarinya.

Dengan dominasi warna ungu dan pink, penampilan pramugari Thai Airways ini makin terlihat elegan dengan seragamnya yang dilengkapi kain songket untuk selendang dan roknya ya.

Sentuhan kain tradisional seperti batik dan songket, ternyata membuat seragam pramugari dari berbagai maskapai penerbangan terlihat makin memukau, anggun, dan elegan ya!

Artikel ini telah dimuat di Stylo.grid.id dengan judul 5 Maskapai Penerbangan yang Menggunakan Kain Motif Batik dan Songket Untuk Seragam Pramugari.

Ikuti kami di
Editor: Arif Setyabudi Santoso
Sumber: Grid.ID
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved