5 Gunung Ini Jalur Pendakiannya Tutup Pada Bulan September

Lima gunung di Indonesia yang jalur pendakiannya ditutup pada bulan September 2019

5 Gunung Ini Jalur Pendakiannya Tutup Pada Bulan September
Instagram/jarang.mlipir_
Gunung Sindoro, Temanggung 

TRIBUNTRAVEL.COM - Buat kamu yang suka aktivitas mendaki gunung, kamu perlu mengetahu ada beberapa gunung yang ditutup pada bulan September.

Penutupan jalur pendakian beberapa gunung di Indonesia ini disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari karena kebakaran, musim kemarau hingga adanya perayaan hari Raya.

Rentang waktu penutupan jalur pendakian di beberapa gunung di Indonesia juga beragam, jalur pendakian Gunung Semeru hanya ditutup selama empat hari.

Namun penutupan jalur pendakian beberapa gunung seperti Gunung Slamet, Ciremai hingga Sindoro sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Dilansir dari berbagai sumber, simak lima gunung yang jalur pendakiannya ditutup pada bulan September 2019.

Akhir September, Jalur Pendakian Gunung Semeru akan Ditutup Sementara

Gunung Slamet Waspada, 3 Jalur Pendakian Ditutup

1. Gunung Semeru

Pihak Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) mengumumkan akan menutup seluruh jalur pendakian Gunung Semeru untuk sementara.

Penutupan jalur pendakian Gunung Semeru ini berdasarkan surat edaran Taman Nasional Bromo Tengger Semeru nomor PG.03/BIDTEK/BODTEL.1/KSA/7/2019.

Berdasarkan pantauan Tribun Travel dari laman bromotenggersemeru.org, semua jalur pendakian Gunung Semeru ini akan ditutup selama empat hari.

Penutupan jalur pendakian Gunung Semeru terhitung mulai tanggal 26 hingga 29 September 2019 mendatang.

Penutupan jalur pendakian Gunung Semeru ini dilakukan dalam rangka untuk memperingati Hari Raya Karo Tahun Saka 1941.

Perayaan Hari Raya Karo ini dilakukan setiap tahunnya oleh masyarakat Suku Tengger yang tinggal di sekitar lereng Gunung Bromo.

Hari Raya Karo sendiri adalah satu hari sakral yang dirayakan oleh segenap masyarakat Tengger sebagai wujud syukur pada proses penciptaan manusia.

2. Gunung Slamet

Menyusul naiknya staus dari level normal menjadi level waspada, jalur pendakian Gunung Slamet via Bambangan ditutup untuk sementara.

Dilansir oleh TribunTravel dari akun Instagram @infogunungslamet, jalur pendakian Gunung Slamet via Bambangan ini ditutup sejak 22 Juli 2019.

Tidak hanya jalur Bambangan, pendakian Gunung Slamet via jalur Gunung Malang dan rintisan jalur Baturraden di bawah wilayah KPH Banyumas Timur juga ditutup.

Diketahui gunung tertinggi di Jawa Tengah ini mengalami peningkatan aktivitas vulkanik yang cukup signifikan.

Selama Juni hingga 8 Agustus 2019 tercatat 51.511 kali gempa hembusan, 5 kali gempa tektonik lokal dan 17 kali gempa tektonik jauh

Naiknya status Gunung Slamet menjadi waspada, PVMBG menghimbau kepada warga ataupun wisatawan untuk tidak beraktivitas dalam radius 2 kilometer dari kawah puncak Gunung Slamet.

TONTON JUGA :

3. Gunung Ciremai

Sejak terjadinya kebakaran lahan di sekitar Blok Gua Walet pada 7 Agustus 2019 yang lalu, semua jalur pendakian Gunung Ciremai ditutup sementara hingga saat ini.

Dilansir oleh TribunTravel penutupan semua jalur pendakian Gunung Ciremai ini tertuang pada pengumuman bernomor PG.18/T.33/TU/KSA/8/2019.

Gunung Ciremai sendiri mempunyai empat jalur pendakian yang semuanya ditutup hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Keempat jalur pendakian tersebut adalah jalur Apuy (Majalengka), Palutungan (Kuningan), Linggajati (Kuningan), dan Linggasana (Kuningan).

4. Gunung Merbabu

Kebakaran hutan terjadi di wilayah jalur pendakian Gunung Merbabu via Suwanting, Magelang pada Kamis (12/9/2019) dini hari.

Berdasarkan hal itulah, pihak Balai Taman Nasional Gunung Merbabu menutup sementara semua jalur pendakian Gunung Merbabu.

Penutupan semua jalur pendakian Gunung Merbabu ini sesuai Surat Edaran No 417/T.35/TU/EVLAP/2019.

Berdasarkan surat edaran tersebut, semua jalur pendakian Gunung Merbabu ditutup terhitung mulai 12 September 2019 hingga waktu yang belum ditentukan.

Penutupan jalur pendakian Gunung Merbabu ini dilakukan demi keselamatan pendaki.

Selain itu penutupan jalur pendakian harus dilakukan untuk melancarkan proses pemadaman, dan mengantisipasi pendaki terjebak dalam situasi kebakaran.

Kelima jalur pendakian Gunung Merbabu tersebut antara lain Selo, Suwanting, Wekas, Cunthel dan Thekelan.

5. Gunung Sindoro

Pada bulan September ini, dua jalur pendakian Gunung Sindoro akan ditutup sementara dengan waktu yang berbeda-beda.

Jalur pendakian pertama Gunung Sindoro yang akan ditutup sementara adalah pendakian via Bansari, Kec Bansari, Temanggung.

Berdasarkan surat pemberitahuan nomor 01/KPS/IX/2019 ini, penutupan jalur pendakian Gunung Sindoro via Bansari berlangsung mulai 9 hingga 30 September 2019 mendatang.

Penutupan jalur pendakian Gunung Sindoro via Bansari ini dikarenakan kemarau yang berkepanjangan.

Sehingga pihak Komunitas Peduli Alam Sindoro (KOMPAS) Bansari melakukan penutupan jalur pendakian untuk mengantisipasi adanya kebakaran hutan dan lahan.

Selain jalur pendakian via Bansari, jalur pendakian Gunung Sindoro via Kledung juga akan ditutup sementara dengan alasan yang sama.

5 Jalur Pendakian Gunung Merbabu Masih Ditutup Sementara Akibat Kebakaran

Bulan September, Dua Jalur Pendakian Gunung Sindoro Ditutup Sementara

Berdasarkan surat pemberitahuan Nomor 05/SE/PNT/IX/2019 ini penutupan jalur pendakian Gunung Sindoro via Kledung berlangsung mulai 22 September 2019.

Penutupan ini berlangsung hingga dalam batas waktu yang ditentukan, sampai ada pemberitahuan selanjutnya lagi.

Sama seperti penutupan jalur pendakian Gunung Sindoro via Bansari, penutupan jalur pendakian via Kledung juga dikarenakan kemarau yang berkepanjangan.

Saat ini Gunung Sindoro memiliki empat jalur pendakian yang biasa dilalui para pendaki untuk mencapai puncak yaitu jalur pendakian via Kledung, Sikatok, Bansari, dan Alang-Alang Sewu.

Buat kamu yang hendak mendaki Gunung Sindoro, kamu bisa memilih jalur lain atau alternatif gunung lain di Jawa Tengah yang bisa didaki.

7 Fakta Unik Prancis, Kamu Bisa Menikah Secara Resmi dengan Orang Mati

Liburan Akhir Pekan di Sekitar Jakarta, Kunjungi 7 Pulau Cantik di Kepulauan Seribu

15 Tempat Wisata di Sekitar Jakarta untuk Liburan Akhir Pekan dengan Pasangan

Tiket Pesawat Murah Rute Jepang - Korea Turun Hingga Rp 100 Ribuan

Deretan Tempat Wisata di Dekat BSD untuk Liburan Akhir Pekan

(TribunTravel.com/GigihPrayitno)

Ikuti kami di
Penulis: Gigih Prayitno
Editor: Rizky Tyas Febriani
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved