BMKG Minta Warga Waspadai Potensi Gelombang Tinggi di Laut Selatan DIY Selama Enam Hari ke Depan

BMKG DI Yogyakarta melalui stasiun Klimatologi Mlati Sleman mengimbau nelayan untuk tidak melaut, setidaknya dalam enam hari kedepan.

BMKG Minta Warga Waspadai Potensi Gelombang Tinggi di Laut Selatan DIY Selama Enam Hari ke Depan
KOMPAS.com/ ROSYID ASZHAR
Gelombang Laut 

TRIBUNTRAVEL.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DI Yogyakarta melalui stasiun Klimatologi Mlati Sleman mengimbau nelayan untuk tidak melaut, setidaknya dalam enam hari kedepan.

Reni Kraningtyas Kepala Stasiun Klimatologi Mlati menjelaskan imbauan ini keluar berbarengan dengan dikeluarkannya prediksi tinggi gelombang laut di pesisir selatan DIY.

"Prediksi tinggi gelombang laut mulai tanggal satu hingga enam September mencapai 2,5-5 meter," sebut Reni dalam keterangan tertulisnya, Selasa (2/9/2019).

BMKG Staklim Mlati menyebut 1 September 2019 prediksi ketinggian gelombang laut mencapai 2,5-3,5 meter.

Sedangkan untuk tanggal 2 September ketinggian diprediksi mencapai 3-4 meter, untuk tanggal 3 September prediksi ketinggian gelombang 2,5-3,5 meter, untuk tanggal 4 September menjadi yang tertinggi yakni diprediksi mencapai 3-5 meter.

TONTON JUGA :

Itinerary Korea Selatan 3 Hari 2 Malam (Seoul-Busan)

11 Fakta Unik Korea Selatan, Dos and Donts ketika Liburan ke Negeri Gingseng

Fakta Unik Jepang, Adakan Festival Ribuan Pria Telanjang di Depan Umum

Sedangkan untuk tanggal 5 dan 6 September 2019, berurutan prediksi gelombang laut setinggi 3-4 meter dan 2,5-3,5 meter.

Reni melanjutkan, penyebab terjadinya gelombang tinggi di pesisir selatan DIY ini lantaran adanya perbedaan tekanan udara yang signifikan antara Australia (sebagai pusat tekanan udara tinggi 1022 Mb) dengan laut cina selatan (pusat tekanan udara rendah 1002 Mb).

Perbedaan signifikan ini, lanjut Reni, mengakibatkan peningkatan kecepatan angin di Samudera Hindia yang ada di selatan DIY. Kecepatannya bisa mencapai 30-55 Km/jam.

"Peningkatan kecepatan angin ini berdampak pada gelombang laut tinggi di perairan selatan Yogyakarta," tandasnya.

Oleh karenanya, pihaknya mengimbau agar nelayan tak melaut serta menambatkan kapalnya di daerah yang aman setidaknya hingga seminggu kedepan.

Bagi wisatawan juga diimbau untuk tidak mandi di laut dan menjauhi bibir pantai.

"Selalu memperhatikan arahan atau imbauan dari petugas SAR di sekitar pantai dan selalu update informasi prakiraan tinggi gelombang dari BMKG DIY," tutupnya. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul Waspadai Potensi Gelombang Tinggi di Laut Selatan DIY Selama Enam Hari ke Depan, Ini Imbauan BMKG

Ikuti kami di
Editor: Rizky Tyas Febriani
Sumber: Tribun Jogja
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved