Hari Belanja Diskon Digelar 16-31 Agustus 2019, Ada Potongan Harga hingga 74 Persen

Hippindo bakal menggelar Hari Belanja Diskon Indonesia besar-besaran di ratusan pusat belanja secara nasional.

Hari Belanja Diskon Digelar 16-31 Agustus 2019, Ada Potongan Harga hingga 74 Persen
Tribunnews/JEPRIMA
Pengunjung saat memilih barang yang didiskon di Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Sabtu (31/3/2018). 

TRIBUNTRAVEL.COM - Kalau anda sudah gajian hari ini, tidak ada salahnya untuk menahan diri sampai 2 minggu ke depan.

Pasalnya, Hippindo bakal menggelar Hari Belanja Diskon Indonesia besar-besaran di ratusan pusat belanja secara nasional.

Dilansir dari Kompas.com, hari belanja diskon ini diselenggarakan untuk menyambut peringatan hari kemerdekaan RI yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2019 nanti.

"HBDI ini merupakan momen diskon yang digelar untuk ke-3 kalinya oleh Hippindo dan didukung Apindo yang dikaitkan dalam rangka menyambut 17 agustus," kata Ketua Panitia HBDI 2019 Fetty Kwartati di Jakarta, Kamis (25/7/2019).

Apindo, Aprindo, dan Ketua Panitia HBDI saat konferensi pers tentang HBDI 2019 di Jakarta, Kamis (25/7/2019).
Apindo, Aprindo, dan Ketua Panitia HBDI saat konferensi pers tentang HBDI 2019 di Jakarta, Kamis (25/7/2019). (KOMPAS.com/FIKA NURUL ULYA)

Fetty mengatakan, acara ini bakal berlangsung pada tanggal 16-31 Agustus 2019 di 300 pusat belanja yang tersebar di 70 kota di Indonesia.

Sektor yang memberikan diskon pun beragam, mulai dari makanan, minuman, fesyen, kerajinan tangan, dan produk lokal berorientasi ekspor.

Karena menyambut hari kemerdekaan Indonesia yang ke-74 tahun, Anda bakal mendapat diskon yang beragam bernuansa 74, seperti diskon hingga 74 persen, harga khusus untuk produk tertentu seharga Rp 74.000, dan promo lainnya bagi Anda yang telah berusia 74 tahun.

Catat gerai yang ikut belanja diskon

Gerai Zara yang ada di lantai 1 Pondok Indah Mal Kebayoran Lama Jakarta Selatan.
Gerai Zara yang ada di lantai 1 Pondok Indah Mal Kebayoran Lama Jakarta Selatan. (TRIBUNJAKARTA.COM/ANISA KURNIASIH)

Tak tanggung-tanggung, terdapat 200 perusahaan dengan 300 jumlah brand dan 18.000 gerai yang memeriahkan acara hari belanja diskon nasional ini, antara lain Et Cetera, Imperial, Colorbox, J.Co, Sari Ratu, KFC, Coach, Pull and Bear, Elle, Alfamart, Lawson, Dan Dan, Ichiban Sushi, Zara, Fladeo, Fun Worlds, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, tepat pada tanggal 17 Agustus 2019 nanti, Anda bisa mendapatkan promo tambahan selama Anda menggunakan atribut Merah Putih.

Atribut Merah Putih yang digunakan bisa bermacam-macam bentuknya, bisa berupa pakaian ataupun aksesories yang dikenakan maupun yang dibawa saat Anda berbelanja.

"Pada tanggal 17 Agustus nanti ada hari khusus yaitu "Merah Putih Fun Pesta Diskon Persatukan Bangsa". Jadi masyarakat bisa mendapat diskon atau harga spesial dengan membawa atribut merah putih," pungkas Fetty.

Jadi, masih maukah Anda membelanjakan uang sebelum pesta diskon dimulai?

300 brand meriahkan acara hari belanja

Apindo, Aprindo, dan Ketua Panitia HBDI 2019 berpose usai konferensi pers pelaksaaan Hari Belanja Diskon Indonesia di Jakarta, Kamis (25/7/2019).
Apindo, Aprindo, dan Ketua Panitia HBDI 2019 berpose usai konferensi pers pelaksaaan Hari Belanja Diskon Indonesia di Jakarta, Kamis (25/7/2019). (KOMPAS.com/FIKA NURUL ULYA)

Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) akan mengadakan Hari Belanja Diskon (HBD) Indonesia pada 16-31 Agustus 2019 mendatang guna menyambut hari kemerdekaan RI.

Dilansir dari KOMPAS.com, Ketua Panitia HBDI 2019 Fetty Kwartati menargetkan, acara diskon ini mampu meraup omzet 20 persen lebih tinggi dibanding acara diskon nasional di tahun-tahun sebelumnya.

"Targetnya saya targetkan naik dibanding tahun 2017 dan 2018. Tahun 2017 itu targetnya Rp 20 triliun. Kemudian tahun 2018 ada kenaikan 20 persen. Tahun ini pun akan menargetkan kenaikan yang sama, yaitu 20 persen dari Rp 20 triliun," kata Fetty Kwartati di Jakarta, Kamis (25/7/2019).

Hippindo percaya diri menaikkan target karena jumlah peserta yang ikut lebih banyak dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Menurut Fetty, saat ini sudah terdapat 200 perusahaan dengan 300 merek dengan 18.000 gerai yang akan tersebar di lebih dari 300 pusat perbelanjaan di 70 kota.

"Kenapa bisa diharapkan meningkat, karena yang pasti pesertanya lebih banyak brand-nya lebih banyak, jumlah tokonya juga lebih banyak," kata dia.

Tak hanya itu, Fetty juga menampik hari belanja diskon nasional ini tidak murni, yang harganya dinaikkan terlebih dahulu sebelum diskon.

"Yang pasti diskonnya pure, enggak dinaikin terlebih dahulu harganya. Ini benar-benar kado yang dipersembahkan kepada masyarakat Indonesia untuk menyambut hari kemerdekaan. Jadi harganya tidak dinaikkan terlebih dahulu," ungkap dia.

Tingkatkan konsumsi domestik

Gerai busana Mango yang ada dilantai G Mal Gandaria City Kebayoran Lama Jakarta Selatan memberikan penawaran diskon hingga 70 persen.
Gerai busana Mango yang ada dilantai G Mal Gandaria City Kebayoran Lama Jakarta Selatan memberikan penawaran diskon hingga 70 persen. (TRIBUNJAKARTA.COM/ANISA KURNIASIH)

Dengan dilaksanakannya hari belanja diskon, Fetty berharap UKM bisa mendapat peluang lebih besar untuk perkembangan bisnisnya, sekaligus meningkatkan konsumsi masyarakat domestik yang biasanya turun pada Juni-Agustus.

Sejalan dengan Fetty, Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan (Kemendag) Srie Agustina berharap acara ini dapat meningkatkan konsumsi domestik serta menciptakan peluang lebih besar untuk mengembangkan produsen nasional.

Pasalnya, berdasarkan data Kementrian Perdagangan per Mei 2019, sektor perdagangan memberikan kontribusi sebesar 13,20 persen, sedangkan konsumsi rumah tangga sebesar 56,82 persen.

Artinya, pertumbuhan ekonomi memang banyak disumbang oleh konsumsi masyarakat.

"Karena itu, melalui kegiatan ini diharapkan akan meningkatkan konsumsi dan transaksi konsumen kepada anggota Hippindo yang tersebar di Nusantara, sehingga aktifitas ekonomi akan semakin bergeliat, aktifitas ekonomi kita akan terus tumbuh dan menyumbang pertumbuhan ekonomi indonesia," ucap Srie.

Tak hanya itu, Srie juga berharap acara ini akan menjadi acara iconic Indonesia seperti Black Friday di AS atau seperti Boxing Day Sale di Inggris. (KOMPAS.com/Fika Nurul Ulya)

Artikel ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul Hari Belanja Diskon Digelar 16 Sampai 31 Agustus 2019, 300 Merek Ikut Serta Hingga Diskon Sampai 74%

Ikuti kami di
Editor: Arif Setyabudi Santoso
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved