Breaking News:

Uji Coba LRT Jakarta

Tak Perlu Bingung, Ini Perbedaan LRT, MRT dan KRL atau Commuter Line

Light Rail Transit atau LRT akan mengadakan uji publik pada tanggal 11 Juni 2019. Ini perbedaan LRT, MRT dan KRL yang wajib diketahui masyarakat

WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Warga naik kereta MRT saat uji coba untuk warga Jakarta di Stasiun Bundaran HI, Jakarta Pusat, Selasa (12/3/2019). PT MRT Jakarta melakukan uji coba Moda Raya Terpadu (MRT) mulai hari ini. Pada hari pertama sebanyak 4 ribu penumpang yang telah memiliki tiket, dilayani untuk menjajal moda teranyar di ibu kota ini. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Light Rail Transit atau LRT akan mengadakan uji coba pada tanggal 11 Juni 2019.

Masyarakat yang ingin mengikutinya dapat melakukan registrasi terlebih dahulu.

Registrasi dapat dilihat langsung pada postingan akun instagram resmi LRT Jakarta @lrtjkt.

Masih banyak masyarakat yang bingung, apa sebenarnya perbedaan MRT dan LRT?

Bahkan, musikus senior Iwan Fals mengaku masih bingung membedakan dua moda transportasi tersebut.

"Sy masih agak bingung antara MRT & LRT, sama2 kereta kan...apa ya bedanya...?" Tulis Iwan Fals di akun Twitter @iwanfals, Selasa (2/4/2019).

PT Adhi Karya melalui akun Instagram @adhikaryaid, menjelaskan perbedaan dari ketiga moda transportasi berbasis rel yang telah dan akan beroperasi di wilayah Jakarta, yakni LRT dan MRT.

Light Rail Transit (LRT) atau Kereta Api Ringan mengacu pada beban ringan dan bergerak cepat.

Meskipun MRT dan KRL memilki daya angkut lebih besar, MRT dapat memindahkan penumpang melalui operasi rute yang lebih banyak.

Selain itu, kelebihan dari moda transportasi MRT ini sistem perlintasannya dibuat melayang, sehingga tidak memiliki konflik sebidang yang sering ditemukan di lintasan KRL.

Karenanya, “headway” atau jarak antar kereta dapat dipastikan waktunya.

Proyek-proyek MRT saat ini, antara lain LRT Jabodebek yang dibangun oleh ADHI, lalu LRT Jakarta oleh @ptwijayakarya dan LRT Palembang oleh @waskita_karya.

Kemudian Mass Rapid Transit (MRT) merupakan transportasi dengan transit cepat, memilki daya angkut yang lebih besar dari LRT.

Saat ini proyek MRT Jakarta, yaitu @mrtjkt, pengerjaannya dibangun oleh Shimizu- Obayashi-@ptwijayakarya-Jaya Konstruksi dan SMCC-@hutamakarya.

Perlintasan MRT dibuat melayang dan bawah tanah, sehingga meminimalisir pertemuan dengan konflik sebidang, sama halnya dengan LRT.

Sedangkan Commuter Line atau Kereta Rel Listrik yang sudah mulai beroperasi sejak tahun 1925, merupakan kereta rel yang menggunakan sistem propulsi motor listrik sebagai penggerak keretanya.

KRL yang melayani rute Jabodetabek ini seringkali bertemu konflik sebidang dengan penyebrangan jalur kendaraan mobil dan motor.

Angkutan Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta beroperasi secara komersial mulai Senin (1/4/2019).

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Sudah Tahu Bedanya LRT, MRT, dan KRL atau Commuter Line?

Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved