Terbuat dari Kerang Air Tawar, Apa Rasanya Rendang Lokan di Padang?

Randang Lokan sajian kuliner khas Pesisir Selatan Sumatra Barat merupakan salah satu makanan yang punya cita rasa tersendiri.

Terbuat dari Kerang Air Tawar, Apa Rasanya Rendang Lokan di Padang?
TribunPadang.com/Rezi Azwar
Kemasan Randang lokan saat dijajakan di pasar murah di area parkiran Bank Indonesia (BI) Sumbar, Kota Padang Kamis (16/5/2019). 

TRIBUNTRAVEL.COM - Rendang Lokan sajian kuliner khas Pesisir Selatan Sumatra Barat merupakan salah satu makanan yang punya cita rasa tersendiri.

Riki, pedagang Randang Lokan yang ditemui TribunPadang.com di pasar murah yang diadakan Bank Indonesia (BI) Sumbar, Kota Padang pada Kamis (16/5/2019), mengatakan Rendang Lokan dijualnya seharga Rp 55 ribu per kemasan.

"Kami ada dua jenis, selain Randang Lokan serta Randang Crispy yang dijual harganya Rp 55 ribu. Oleh karena dalam rangka pasar murah, maka saya menjual Randang Lokan dan Randang crispy seharga Rp 50 ribu saja," kata Riki.

Riki menyebutkan menu makanan Randang Lokan ini berbahan dasar dari jenis siput yang hidup di aliran sungai.

Sejauh ini lanjutnya menu makanan tersebut telah ada semenjak dahulu serta digemari khususnya oleh masyarakat Pesisir Selatan dan Sekitarnya.

Sebagaimana diketahui, Randang Lokan juga disebut Rendang Kerang Air Tawar ini terbuat dari bahan Lokan segar atau siput yang mengandung protein tinggi yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Riki menyebutkan pembuatan randang lokan ini dipadu dengan santan dari kelapa pilihan bumbu-bumbu alami dan aneka rempah.

Makanan ini dimasak secara perlahan hingga semua bahan menyatu sempurna menjadi hidangan yang nikmat.

Selanjutnya, untuk penyajian yang lebih baik panaskan terlebih dahulu atau kukusan selama kurang lebih dua menit.

"Oleh karena randang lokan ini sudah dikemas, disarankan untuk penyimpanannya rendang lokan ini pada suhu sedang, jika sudah dibuka kemasannya, masukkanlah rendang lokan ke dalam wadah kedap udara tutup rapat dan simpan dilemari pendingin," paparnya.

Riki mengatakan rendang lokan terkenal dengan kelezatannya yang mendunia.

Di samping itu, Rendang lokan ini bisa menjadi salah satu menu yang sangat baik hadir dalam menu berbuka.

"Kami esok Jumat (17/5/2019-red) masih hadir di pasar murah, dan bisa memesannya melaui akun instagram @lokana_id," ujar Riki.

Artikel ini telah tayang di Tribunpadang.com dengan judul Cita Rasa Randang Lokan Sajian Kuliner Khas dari Pesisir Selatan.

Ikuti kami di
Editor: Sinta Agustina
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved