Wajib Dipatuhi! Panduan Naik Kereta Api yang Benar di Jepang, Jangan Lupa Ikut Mengantre

Wajib Dipatuhi! Panduan Naik Kereta Api yang Benar di Jepang, Jangan Lupa Ikut Mengantre

Wajib Dipatuhi! Panduan Naik Kereta Api yang Benar di Jepang, Jangan Lupa Ikut Mengantre
KOMPAS/IRMA TAMBUNAN
Kereta api di Jepang 

TRIBUNTRAVEL.COM - Jenis transportasi umum yang paling utama di Jepang adalah kereta.

Kereta merupakan moda transportasi paling populer untuk bepergian di Jepang.

Walaupun ada jenis transportasi umum lainnya, tetapi sebagian besar orang Jepang menggunakan kereta untuk pergi ke kantor.

TONTON JUGA

Hanya saja, ada beberapa hal yang "harus" dan "jangan" dilakukan saat naik kereta, yang wajib dipatuhi oleh semua orang.

Jadi agar terhindar dari kesalahan beretika saat naik kereta yang bisa berakibat memalukan diri sendiri, maka panduan berikut patut traveler baca.

Kami membuat daftar etika yang harus traveler lakukan saat naik kereta di Jepang, mulai dari masuk stasiun hingga keluar dari stasiun.  

Etika Naik Eskalator

Sebelum naik kereta, traveler harus naik atau turun eskalator. Eskalator di Jepang difungsikan untuk orang yang berdiri diam atau berjalan. Aturannya sederhana saja, berdiri di salah satu sisi anak tangga eskalator dan sisakan ruang kosong di sebelahnya. Ruang kosong ini untuk orang yang tengah terburu-buru sehingga harus segera menaiki atau menuruni anak tangga, bukan berdiam diri.

Eskalator di Jepang
Eskalator di Jepang/ohayojepang.kompas.com

Posisi traveler berdiri diam tergantung daerah mana traveler tengah berada. Misalnya di area Kanto (terutama Tokyo), orang berdiri di sebelah kiri. Sementara di area Kansai, orang berdiri di sebelah kanan. Hal ini mungkin membingungkan jika traveler bepergian ke berbagai kota. Namun jika traveler bingung harus berdiri di sisi kanan atau kiri, ikuti saja orang yang ada di depan traveler.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Ambar Purwaningrum
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved