Hari Ini Jalur Kereta Api Yogyakarta-Solo-Semarang-Purwokerto Resmi Terhubung

PT KAI meluncurkan layanan kereta api relasi Semarang-Solo-Yogyakarta-Kroya-Purwokerto-Tegal-Pekalongan dengan nama KA Joglosemarkerto.

Hari Ini Jalur Kereta Api Yogyakarta-Solo-Semarang-Purwokerto Resmi Terhubung
Instagram/kai121
Mulai hari ini, KAI resmi luncurkan rute Jogja-Solo-Semarang-Purwokerto 

TRIBUNTRAVEL.COM - PT KAI meluncurkan layanan kereta api relasi Semarang-Solo-Yogyakarta-Kroya-Purwokerto-Tegal-Pekalongan dengan nama KA Joglosemarkerto.

Layanan terbaru PT KAI ini diluncurkan dengan tujuan untuk meningkatkan mobilitas masyarakat Jawa Tengah, sekaligus mendukung program peningkatan kunjungan wisata dari Provinsi Jawa Tengah.

Kereta yang dinamakan Joglosemarkerto memiliki rute Purwokerto-Tegal-Semarang-Solo-Jogja-Purwokerto dengan rute searah dan berlawanan laju jarum jam yang mengelilingi jalur rel di wilayah Jawa Tengah sepanjang 579 kilometer.

Pemberangkatan awal KA Joglosemarkerto berada di 3 titik yakni yaitu dari Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Solo Balapan, dan Stasiun Purwokerto.

Adapun waktu keberangkatan dari Stasiun Semarang Tawang pada pukul 06.15 WIB, Stasiun Solo Balapan pada pukul 06.00 WIB dan Stasiun Purwokerto pada pukul 05.00 WIB.

KA Joglosemarkerto mempunyai kapasitas 660 tempat duduk dalam setiap perjalanannya dan telah disiapkan sebanyak 3 rangkaian kereta api oleh KAI.

KA Joglosemarkerto menggunakan rangkaian kelas eksekutif dan ekonomi.

Untuk eksekutif terdapat dua gerbong kereta dengan kapastitas 100 tempat duduk atau 50 tempat duduk per gerbong.

Sedangkan rangkaian kereta ekonomi terdapat tujuh gerbong dengan kapasitas 560 tempat duduk atau 80 tempat duduk pergerbongnya.

Untuk tarif, kelas eksekutif mulai Rp 40.000- Rp 390.000. Sedangkan ekonomi mulai Rp 30.000- Rp 260.000. Besaran tarif tergantung jarak yang ditempuh.

"Namun, bagi masyarakat yang melakukan perjalanan dengan KA Joglosemarkerto pada periode keberangkatan 1-13 Desember 2018, KAI memberikan diskon sebesar 10 persen," jelasnya.

Tiket bisa dipesan melalui channel-channal eksternal penjualan tiket KA, maupun via aplikasi KAI Access dari ponsel.

Perubahan Jalur

Dioperasikannya Joglosemarkerto, ada perubahan rute KA Jaka Tingkir yang semula Purwosari (Solo)-Jakarta Pasarsenen, menjadi Lempuyangan (Yogyakarta)-Pasarsenen PP.

Selain itu, ada perubahan jadwal perjalanan KA Jaka Tingkir dari Jakarta Pasarsenen-Lempuyangan, tiba di Stasiun Bumiayu semula 16.26 WIB berubah pukul 11.36 WIB, di Stasiun Purwokerto 17.20 WIB menjadi 12.36 WIB, Gombong 18.35 WIB menjadi 14.07 WIB, dan Kutoarjo 19.36 WIB menjadi 15.11 WIB. (TribunTravel.com/GigihPrayitno)

Ikuti kami di
Penulis: Gigih Prayitno
Editor: Rizky Tyas Febriani
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved