Ditargetkan Selesai Akhir Tahun, Konsep Aerotropolis New Yogyakarta International Airport Dikebut,

Konsep Aerotropolis digadang-gadang jadi impian untuk pembangunan wilayah di New Yogyakarta International Airport (NYIA).

Ditargetkan Selesai Akhir Tahun, Konsep Aerotropolis New Yogyakarta International Airport Dikebut,
TRIBUNjogja.com | Alexander Ermando
Maket New Yogyakarta International Airport 

TRIBUNTRAVEL.COM - Konsep Aerotropolis digadang-gadang jadi impian untuk pembangunan wilayah di New Yogyakarta International Airport (NYIA).

Aerotropolis pada konteks ini adalah konsep penyusunan kota atau wilayah yang bertata letak, infrastruktur dan ekonomi berpusat pada bandar udara

Masterplan Aerotropolis ditargetkan selesai disusun akhir tahun ini mengingat April 2019, NYIA direncanakan sudah beroperasi.

Perkembangannya, sudah hampir rampung dan diperkirakan akhir tahun bisa diselesaikan.

“Kita target akhir tahun ini beres. Masterplan Aerotropolis ini juga sudah masuk dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). Semoga realisasinya bisa benar-benar 
berjalan sesuai Masterplan supaya wilayah di sekitar bandara baru (NYIA) bisa tertata dengan baik,” kata Mansur, Senin (12/11/2018).

Dijelaskan lebih rinci oleh Mansur, Aerotropolis merupakan pengembangan dari Aerocity.

Jika Aerocity mencakup sebuah kota, Aerotropolis sampai sebuah wilayah.

Oleh karenanya, cakupan wilayah yang masuk dalam konsep Aerotropolis lebih luas dari Aerocity. Yaitu, hampir sekitar 15 kilometer dari bandara.

Tak heran, aspek dan bidang penataannya juga lebih banyak dari Aerocity. Aerotropolis di Kulon Progo misalnya, bakal mencakup lahan pertanian dan perkebunan disana.

Maket tampilan bangunan terminal utama Bandara Baru Internasional Yogyakarta (NYIA)
Maket tampilan bangunan terminal utama Bandara Baru Internasional Yogyakarta (NYIA) (TRIBUNJOGJA.COM / Alexander Ermando)

Pasalnya, pertanian dan perkebunan menjadi salah satu bidang yang tak bisa dikesampingkan menyangkut kultur dan budaya masyarakat disana.

“Aerotropolis ini menjadikan wilayah di sekitar bandara tertata dengan baik. Bidang industri, perkantoran, pemukiman dan jalur transportasi akan diatur supaya 
terkontrol dan sesuai dengan konsep Aerotropolis. Termasuk lahan pertanian yang peruntukkannya harus jelas. Artinya tidak boleh dialihfungsikan,” kata Mansur.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Rizky Tyas Febriani
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved