Jarang Terlihat Mata, Ternyata Habitan Langka Manta Ray Muda Juga Nampak di Teluk Meksiko

Saat sedang melintas di atas Teluk Meksiko bagian barat laut, ahli biologi kelautan Joshua Stewart melihat sesuatu yang jarang dilihat.

Jarang Terlihat Mata, Ternyata Habitan Langka Manta Ray Muda Juga Nampak di Teluk Meksiko
Smithsonian Magazine
Manta Ray 

TRIBUNTRAVEL.COM - Saat sedang melintas di atas Teluk Meksiko bagian barat laut, ahli biologi kelautan Joshua Stewart melihat sesuatu yang jarang dilihat kebanyakan orang, yakni manta ray muda.

"Saya sangat terkejut karena saya tidak pernah melihat manta ray muda sebelumnya. Hanya sedikit studi lapangan yang membahas mereka," kata Stewart dari Universitas California di San Diego dalam sebuah pernyataan dilansir Newsweek, Senin (25/6/2018).

Stewart pun menyelam di lepas pantai Texas dan menemukan sebuah lokasi di perairan tropis yang kini diyakini ahli sebagai habitat manta ray.

Ini adalah habitat manta pertama yang diketahui manusia.

Lingkungan itu dipenuhi manta muda, bayi baru lahir menuju remaja dari spesies manta laut raksasa, Manta birostris.

Menurut para ahli, temuan ini penting karena dapat membantu kita mempelajari makhluk laut raksasa ini.

Mengingat, manta selama ini dikenal susah dijangkau, jauh dari daerah pesisir dan populasinya sulit diakses.

Menurut pernyataan Perlindungan Laut Nasional AS, mengamatai manta di alam liar jauh lebih menantang, terlebih selama ini belum ada yang menemukan manta muda berkumpul di habitatnya.

"Tahap kehidupan manta saat remaja seakan adalah "black box" untuk kami karena mereka sangat susah diamati," kata Stewart.

"Ditemukannya habitat manta artinya kami sangat butuh konservasi untuk menindaklanjuti lokasi pembibitan ini. Selain itu, temuan ini juga memberi kesempatan pada kami untuk mempelajari perkembangan manta," imbuhnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Tertia Lusiana Dewi
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved