5 Kuliner Jogja yang Viral di TikTok, Termasuk Mie Ayam Bakso Balungan dan Tetelan

Editor: Arif Setyabudi Santoso
Sejumlah makanan yang disajikan di Kopi Klotok Ikan Kriuk

TRIBUNTRAVEL.COM - Liburan ke Jogja tidak hanya mengunjungi wisatawanya yang menawan.

Traveler juga bisa mengunjungi berbagai kuliner yang lezat,

Ada banyak kuliner di Jogja yang legendaris yang wajib dicoba.

Namun, ada pula yang viral di media sosial seperti TikTok.

Berikut ini berbagai tempat makan di Jogja yang viral di Tiktok.

1. Mie Ayam Bakso Balungan dan Tetelan

Kuliner ini disebut juga sebagai Mie Ayam Porsi Ugal-ugalan karena porsinya yang super banyak. Meski demikian, harganya tetap sangat terjangkau.

Video yang diunggah oleh pengguna TikTok Evan Media ini telah ditonton sebanyak 1,1 juta kali dan mendapatkan like sebanyak 113,9 ribu.

Khas dari Mie Ayam ini tentu saja terletak pada mienya dan ayam yang sangat banyak. Selain itu diberi pula topping tetelan.

Di warung ini pun menjual berbagai macam bakso seperti bakso urat, bakso mangkok, bakso mercon, bakso iga, dan bakso selimut kabut.

Bagi kamu yang penasaran, bisa datang ke Jalan Kawijo, No. 4, Serut Pengasih, Kulonprogo. Untuk harganya sangat terjangkau dimulai dari Rp 9.000 hingga Rp 15.000.

2. Nasi Soo'on Sambel Joos Bu Roso

Makanan yang satu ini terbilang sangat sederhana. Hanya berisikan nasi, sambal, soun, dan gorengan. Namun pembelinya sangat banyak.

Konon, makanan sederhana ini terkenal lezat. Tak hanya itu, harganya pun sangat murah yakni Rp 5.000 per porsinya.

Video mengenai nasi soun ini diunggah oleh pengguna TikTok @jogjabikinlaper. Videonya telah ditonton 429,8 ribu kali, dan mendapat 10,3 ribu like.

Warung ini berlokasi di Jalan Brigjen Katmso, Prawirodirjan, Gondoman, Yogyakarta. Warungnya hanya buka dari pukul 16.00 hingga 18.00 WIB.

3. Warung Kopi Klotok

Warung ini memang terkenal karena kelezatan dan harga makanannya yang murah. Dengan berbekal Rp 11.500, kamu bisa makan sepuasnya.

Isi makanannya yakni nasi, sayur lodeh, telur, tempe, sayur asem, sop, sambel terasi, hingga gorengan. Menu lainnya yang juara adalah pisang goreng.

Pengguna TikTok @Hendri Aditya mengunggah videonya pada 1 November 2020 lalu. Video ini telah ditonton 132,7 ribu kali dan disukai 5.977.

Warung Kopi Klotok berlokasi di Jalan Kaliurang, Nomor KM 16, Area Sawah, Pakembinangun, Sleman Yogyakarta. Meski ramai, kamu tak perlu khawatir.

Karena warung ini memiliki tempat yang luas baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

4. Sup Iga Rindu Alam

Video unggahan akun @Jogjafooddestination ini telah ditonton 274,9 ribu kali dan disukai oleh 10,9 ribu orang.

Video tersebut menunjukkan tempat makan yang sedang viral di Yogyakarta bernama Sup Iga Rindu Alam. Sup Iganya hanya dibanderol dengan harga Rp 17.000.

Yang paling penting adalah, kamu bisa makan sembari menikmati hamparan sawah yang hijau dan langit biru.

Sup Iga Rindu Alam berada di Jalan Kebon Agung, No. 16, Daplokan, Margamulyo, Seyegan, Sleman. Tempat ini buka mulai pukul 09.00 hingga 21.00 WIB.

5. Lupis Mbah Satinem

Lupis ini tak pernah sepi pembeli, apalagi setelah masuk dalam tayangan Netflix. Pembeli rela antre, bahkan datang sebelum Mbah Satiyem membuka dagangannya.

Tak hanya ramai di lokasi dagangan, video ini juga banyak ditonton di TikTok. Video yang diunggah oleh @KulinerYogya itu telah ditonton 793,2 ribu kali dan disukai oleh 51,5 ribu orang.

Harganya pun tergolong murah yakni hanya Rp 10.000 per porsi. Kamu sedang berada di Yogyakarta, bisa datang ke Jalan Bumijo, No. 52-40, Bumijo, Kec. Jetis.

Baca juga: Sesuatu di Jogja dan 12 Lagu Indie Bertema Perjalanan yang Bisa Didengar Saat Staycation

Baca juga: Rekomendasi 4 Tempat Makan Es Krim di Jogja, Lokasinya Tak Jauh dari Malioboro

Baca juga: 4 Nasi Pecel Enak di Jogja, Warung SGPC Bu Wiryo Buka Sejak 1950-an

Baca juga: 8 Nasi Goreng Populer di Jogja yang Selalu Diburu Wisatawan, Termasuk Nasi Goreng Sapi Padmanaba

Artikel ini sudah tayang di Kompas.com dengan judul 5 Tempat Kuliner di Yogyakarta yang Viral di TikTok, Ada Lupis Mbah Satinem