Estimasi Jalur Pendakian Gunung Sumbing via Butuh Kaliangkrik

Pemandangan Gunung Sumbing dari Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kaliangkrik, Magelang.

TRIBUNTRAVEL.COM - Gunung Sumbing menjadi gunung yang menarik dikunjungi oleh wisatawan.

Dengan ketinggian 3.371 meter di atas permukaan laut (mdpl), Gunung Sumbing adalah gunung tertinggi kedua di Jawa Tengah.

Untuk mencapai Puncak Gunung Sumbing bisa memilih beberapa jalur pendakian antara lain Garung, Capit Parakan, Butuh Kaliangkrik, Bowongso, dan Sipetung.

Dari sekian banyak jalur pendakian itu, ada satu yang kini diperbincangkan karena menawarkan suasana seperti berada di Negara Nepal.

Waktu Terbaik dan Panduan Menuju Kledung Park, Spot untuk Lihat Gunung Sumbing & Sindoro dari Dekat

Jalur pendakian itu adalah via Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Dusun Butuh belakangan memang dikenal sebagai Nepal van Java karena keindahan pemandangan rumah penduduk seolah bertumpuk di lereng gunung, seperti di Negara Nepal.

Jalur Butuh terkenal akan treknya yang cukup panjang dan tidak disarankan bagi pendaki pemula. Namun, jalur ini memiliki daya tarik pemandangan alam yang indah dan masih asri sepanjang pendakian.

Jalur ini juga dikenal memiliki waktu pendakian sampai puncak, yakni sekitar 6-8 jam. Berikut estimasi pendakian Gunung Sumbing via Butuh Kaliangkrik:

Basecamp-Pos 1: Sekitar 2 jam

Perjalanan dimulai dari basecamp Butuh menuju Pos 1. Para pendaki akan melewati medan berbatu yang tersusun rapi. Oleh karenanya, pendaki akan serasa seperti menaiki tangga.

Halaman
1234

Berita Populer