Warga Jakarta Boleh Liburan ke Puncak Bogor, Ini Protokol Kesehatan yang Harus Patuhi

Editor: Ambar Purwaningrum
Sejumlah kendaraan melintas di Simpang Gadog, Ciawi, Bogor, Jawa Barat

TRIBUNTRAVEL.COM - Warga DKI Jakarta masih diterima di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, bila ingin berwisata ke sana pada akhir pekan ini.

Pemerintah Kabupaten Bogor tetap memberikan kelonggaran bagi wisatawan asal Jakarta, yang ingin berlibur ke kawasan wisata di Puncak, Cisarua.

Bukan tanpa alasan mengapa Pemerintah Kabupaten Bogor melonggarkan wisatawan asal jakarta.

"Kawasan wisata Puncak tidak bisa ditutup karena tidak diatur dalam Perbub tentang PSBB Pra Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), yang saat ini diterapkan di Kabupaten Bogor," kata Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan, usai rapat teleconference Evaluasi Pelaksanaan PSBB, bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Kantor Bupati Bogor, Senin (14/9/2020).

TONTON JUGA

Menurut Iwan, Perbub itu tidak melarang orang untuk datang dan menginap di hotel/wisma yang ada di Puncak.

Razia 3M

Ilustrasi anak-anak pakai masker. (hackensackmeridianhealth.org)

"Tempat wisata juga tidak ditutup, hanya dipantau saja terkait penerapan protokol kesehatan 3M (Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan)," kata Iwan.

Terkait razia yang dilakukan aparat gabungan di Puncak pada Sabtu (12/9/2020), Iwan menjelaskan bahwa operasi itu hanya sosialisasi pengetatan protokol kesehatan, dan pembatasan operasional usaha.

"Tempat wisata dan hotel tidak ada pembatasan waktu operasional. Hanya tempat usaha seperti mal, restoran, cafe, rumah makan, ritel, dan pedagang kaki lima yang dibatasi waktu beroperasinya hingga pukul 19.00," kata Iwan.

Zona oranye

Taman Kencana, tempat wisata instagramable di Puncak Bogor, Kamis (2/1/2020). (Instagram.com/@viaptrani)
Halaman
12