Desa Ranu Pani, Tempat Wisata di Lumajang yang Viral di Medsos karena Kemunculan Bun Upas

Fenomena Bun Upas di Danau Ranu Pani

TRIBUNTRAVEL.COM - Baru-baru ini, viral di medsos fenomena embun yang membeku menjadi es atau bun upas di Danau Ranu Pani.

Desa Ranu Pani sendiri secara administratif berada di wilayah Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Ranu Pani dikenal sebagai desa di atas awan karena letaknya yang berada di ketinggian 2.100 meter di atas permukaan laut.

Desa Ranu Pani juga merupakan desa terakhir yang menjadi pos pendakian di Gunung Semeru, gunung tertinggi di Pulau Jawa.

Berada di lereng Gunung Semeru, desa ini mempunyai daya tariknya tersendiri bagi mereka yang suka berpetualang di alam terbuka.

• Fenomena Bun Upas Terjadi Lagi di Gunung Bromo, Suhu Udara Capai Minus 3 Derajat Celcius

Desa Ranu Pani menawarkan bentang alam yang hijau dan indah lengkap dengan suasa pedesaan yang memberikan ketenangan.

Tidak hanya mempunyai lanskap indah, ada beberapa tempat wisata yang sering dikunjungi, seperti tiga danau yang terkenal yakni Danau Ranu Pani, Danau Ranu Regulo dan Ranu Kumbolo.

Meskipun berada di lereng Gunung Semeru, Desa Ranu Pani tidak pernah menghalami bencana alam seperti terpapar debu vulkanik.

Hal ini karena ketika terjadi peningkatan aktivitas vulkanik, debu vulkanik biasanya menyembur ke arah timur laut dan guguran lahar dingin selalu mengalir ke arah timur.

Sedangkan, desa ini berada di sebelah utara Gunung Semeru sehingga aman meskipun terjadi peningkatan aktivitas vulkanik.

Halaman
12

Berita Populer