Wisata Mandiri Sayang Kaak di Ciamis Mulai Dibuka, Tiket Masuknya Gratis Sampai Sabtu

Mandiri Sayang Kaak

TRIBUNTRAVEL.COM - Tempat wisata Mandiri Sayang Kaak yang berlokasi di sisi Sungai Citanduy, Dusun Cikatomas, Desa Handaherang Cijeungjing, Ciamis, akan dibuka kembali.

Pembukaan kembali Mandiri Sayang Kaak secara resmi mulai Minggu (5/7/2020). 

Meski baru dibuka Minggu, wisatawan sudah ada yang berkunjung ke Mandiri Sayang Kaak.

Mandiri Sayang Kaak ternyata sudah boleh dikunjungi meski belum dibuka secara resmi.

Wisatawan sudah ada yang berkunjung di objek wisata yang tak jauh dari pusat Kota Galedo itu sejak Selasa (30/6/2020).

“Mulai hari ini, Sayang Kaak sudah boleh dikunjungi wisatawan. Tidak bayar alias gratis. Tapi wisatawan harus mematuhi protokol kesehatan. Wajib pakai masker, cuci tangan, jaga jarak, dan tidak berkerumun. Empat hari ini kami anggap sosialisasi dulu terutama tentang protokol kesehatan bagi pengunjung. Nanti hari Minggu (5/7) mulai dibuka secara resmi dan dikarcis,” ujar Eris Daryanto, pengelola objek wisata Mandiri Sayang Kaak kepada Tribun, Selasa (30/6/2020).

Menjelang dibuka secara resmi, objek wisata Sayang Kaak, kata Eris, sudah mempersiapkan berbagai sarana dan fasilitas untuk penerapan protokol kesehatan. Seperti tempat cuci tangan dengan sabun dan air mengalir di pintu gerbang masuk dan di beberapa lokasi lainnya.

Viral di Medsos - Tanggapan PT KAI Soal Toilet Tanpa Sekat di Stasiun Ciamis

Juga aturan antrean bagi yang foto selfie serta selalu jaga jarak dan hindari kerumunan. Juga berbagai papan peringatan tentang wajib pakai masker.  

Semua pengunjungi dicek suhu tubuh. Tidak ada ketentuan harus di-rapid test dulu.

“Masuk kawasan ini harus dan wajib pakai masker,” ucap Eris.

Untuk penerapan protokol kesehatan, Eris menjelaskan pihaknya sudah berkonsultasi dengan pihak puskesmas.

Tanda mulai dibukanya objek wisata Mandiri Sayang Kaak ditandai dengan syukuran yang dihadiri berbagai kalangan termasuk perangkat desa serta ditutup dengan doa bersama, Selasa (30/6/2020).

Kawasan objek wisata Mandiri Sayang Kaak seluas empat  hektar tersebut menyediakan berbagai spot untuk foto selfie dengan latar belakang keindahan lembah sisi Sungai Citanduy. Termasuk adanya rooftop serta sirkuit off road dan dua buah boogie (ATV).

Rencananya, dalam jangka waktu dekat, kata Eris, di kawasan objek wisata ini aka ada kafe, berikut menyusul rumah budaya, senior living serta kebun binatang mini (konservasi).

Sekdis Dinas Pariwisata Ciamis, Budi Kurnia, yang secara resmi membuka kembali objek wisata Mandiri Sayang Kaak untuk kunjungan umum menyebutkan dengan sudah berakhirnya lanjutan PSBB parsial berkelanjutan di Ciamis Sabtu (27/6) sebanyak 40 objek wisata alam di Ciamis sudah mulai buka untuk kunjungan wisatawan.

Umumnya merupakan objek wisata alam yang dikelola bumdes/desa, kelompok karang taruna, swasta dan sebagainya.

“Sementara objek wisata yang dikelola Pemkab Ciamis belum dibuka. Masih menunggu perbup seperti Situs Karangkamulyaan maupun Astana Gede. Kecuali Situ Lengkong Panjalu yang mulai dibuka 1 Juli, karena pengelolaannya bekerja sama dengan desa,” ujar Budi.

Setelah Lebaran, menurut Budi, Dinas Pariwisata Ciamis sudah mengumpulkan semua pengelola objek wisata di Ciamis untuk mempersiapkan diri terutama mempersiapkan sarana protokol kesehatan.

“Kebanyakan objek wisata di Ciamis merupakan objek wisata alam. Dan tentunya paling diminati setelah cukup lama menjalani berbagai pembatasan selama pandemi Covid-19. Di alam terbuka tentu tidak terlalu sulit untuk mengatur jarak dan menghindari kerumunan. Tentu beda dengan objek rekreasi dalam ruangan seperti karaoke maupun bioskop. Untuk sementara bioskop dan karaoke di Ciamis belum dibuka untuk kunjungan umum,” katanya. (*)

3 Makanan Khas Jawa Barat yang Wajib Dicicipi di Bandung

4 Air Terjun di Jawa Barat untuk Lepas Penat saat Liburan Akhir Pekan

Segarnya Rujak Bebeg, Kuliner Tradisional Jawa Barat yang Wajib Kamu Coba

6 Tempat Wisata di Jawa Barat yang Siap Sambut Wisatawan

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Gratis Sampai Sabtu, Objek Wisata Mandiri Sayang Kaak Ciamis Mulai Dibuka untuk Kunjungan Wisatawan

Editor: Arif Setyabudi Santoso
Sumber: Tribun Jabar

Berita Populer