Masuk Dalam Zona Merah COVID-19, Pelabuhan Teluk Segintung Perketat Pemeriksaan Kapal

Ilustrasi- Tenaga medis dan pengelola Pelabuhan Teluk Segintung.

TRIBUNTRAVEL.COM - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus meningkatkan dukungannya dalam upaya pencegahan penyebaran wabah corona (COVID-19) melalui pelabuhan.

Salah satu pelabuhan tersebut adalah Pelabuhan Teluk Segintung yang berada di Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah.

Sesuai dengan ketetapan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, Kabupaten Seruyan masuk dalam Zona Merah virus corona (COVID-19).

Kemenhub Larang Terbang Pesawat Penumpang, Berlaku Mulai Besok hingga 1 Juni 2020

Sebagai langkah antisipasi penyebaran COVID-19, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Teluk Segintung bersama Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 wilayah Pelabuhan Teluk Segintung bersinergi membantu Pemerintah untuk Mencegah Penyebaran COVID-19.

Ilustrasi- Tenaga medis dan pengelola Pelabuhan Teluk Segintung. (deplu.go.id)

Dalam keterangan pers resmi, Kepala Kantor UPP Kelas III Teluk Segintung, Muzahir akan bekerja sama dengan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 wilayah pintu masuk Pelabuhan Teluk Segintung, akan meningkatkan pengawasan dengan memperketat pemeriksaan terhadap setiap Kapal yang masuk ke wilayah Kabupaten Seruyan.

“Dengan telah diterbitkannya Permenhub No. 25 tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri 1441 H maka kami memperketat pengawasan kapal yang masuk Teluk Segintung,” kata Muzahir (24/4/2020).

Tonton juga:

Menurut Muzahir, peningkatan pengawasan bagi setiap kapal di Teluk Segintung ini selain karena adanya Permenhub No 25/2020 dan sesuai arahan Direktur Jenderal Perhubungan Laut juga guna menindaklanjuti permintaan Bupati Kabupaten Seruyan karena wilayahnya telah ditetapkannya sebagai zona merah COVID-19.

Ilustrasi- Penyemprotan disinfektan di bagian kapal.

"Saat ini Pelabuhan Teluk Segintung merupakan satu-satunya pelabuhan laut yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah, dimana kapal yang masuk ke wilayah Pelabuhan Teluk Segintung atau Wilayah kerja Kuala Pembuang bukan hanya kapal yang ingin melakukan kegiatan bongkar muat tapi juga kapal singgah seperti Kapal Nelayan (kapal cumi), Kapal berlindung dan juga kapal yg melakukan perbaikan sehingga sangat rentan dengan penyebaran wabah corona," kata Muzahir.

Sebagai informasi, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 wilayah Pelabuhan Teluk Segintung terdiri dari  Kantor UPP Kelas III Teluk Segintung, Kantor Kesehatan Pelabuhan kelas III Sampit wilker Kuala Pembuang, Dinas Kesehatan Kab. Seruyan, BPPD Kabupaten Seruyan, TNI,  POLRI, Dinas Perikanan Kab. Seruyan, Satpol PP Kab. Seruyan dan Instansi terkait lainnya.

86 Kru Kapal KM Bukit Raya Jalani Tes Kesehatan di Pelabuhan Tanjung Priok

Viral di Medsos, Ubur-ubur Berjumlah Besar Penuhi Perairan di Pelabuhan Tanjung Tembaga, Probolinggo

Masuk Bali Diperketat, Ada Rapid Test di Bandara I Gusti Ngurah Rai dan Pelabuhan Gilimanuk

Pelabuhan Ratu akan Dipercantik, Didesain dengan Alun-alun yang Menghadap Laut

Pernyataan Resmi Kemenhub Terkait Larangan Mudik Lebaran 2020

(TribunTravel.com/Ratna Widyawati)

Berita Populer