Kanal

Viral di Medsos, Petugas Dorong Penumpang KRL agar Pintu Kereta Tertutup

Petugas keamanan saat mendorong penumpang KRL agar pintu kereta bisa tertutup. - Instagram/@fakta.jakarta

TRIBUNTRAVEL.COM - Viral di medsos sebuah video yang memperlihatkan petugas keamanan di satu stasiun kereta api yang mendorong penumpang Kereta Rel Listrik (KRL).

Petugas keamanan mendorong penumpang KRL agar pintu kereta bisa tertutup.

Video tersebut telah diunggah akun Instagram @fakta.jakarta.

Hingga Sabtu (7/12/2019) pukul 09.53 WIB, video singkat tersebut telah ditonton lebih dari 78.000 kali.

Dalam unggahan tersebut, dituliskan, "Pejuang KRL pasti pernah mengalami momen seperti ini. Apa lagi semenjak bulan Desember yang banyak perubahan jadwal KRL yang membuat penumpukan penumpang di stasiun untuk antrian naik.⁣"

Dari video tersebut terlihat beberapa kali petugas keamanan mencoba untuk mendorong masuk penumpang KRL agar pintu kereta tertutup.

Tapi karena kondisi dalam kereta yang penuh sesak, petugas tersebut pun memberikan saran kepada penumpang KRL untuk turun dan naik kereta lainnya saja.

"Kak nggak masuk jangan dipaksain, pakai kereta lain aja ini susah nggak masuk," kata petugas keamanan kepada penumpang KRL yang berdiri di depan pintu kereta.

Namun, penumpang kereta tersebut masih terlihat berdiri dan berpegangan di atas pintu kereta.

Petugas keamanan pun terpaksa mencoba mendorong kembali penumpang agar pintu kereta tertutup.

Tonton juga:

Menanggapi hal tersebut, Vice President Corporate Communications PT KCI, Anne Purba memberikan komentar.

Anne Purba memberikan konfirmasi tentang kebenaran video yang viral di medsos tersebut, dilansir dari laman Kompas, Sabtu (7/12/2019).

Anne menyebutkan jika kejadian tersebut terjadi di Stasiun Manggarai pada Kamis (5/12/2019) pukul 18.35 WIB.

"Petugas pengamanan stasiun bertugas menjaga keamanan di dalam area stasiun dan membantu layanan kepada pengguna sesuai dengan tupoksinya," ujar Anne.

Menurut Anne tidak ada arahan ataupun larangan untuk mendorong penumpang seperti yang terlihat dalam video tersebut.

Anne mengatakan jika petugas tidak akan mendorong tanpa permintaan dan izin dari penumpang tersebut.

Sebelumnya, banyak pengguna jasa layanan KRL yang mengeluhkan tentang perubahan jadwal yang berlaku sejak Minggu (1/12/2019).

Pasalnya perubahan jadwal yang terjadi ini membuat penumpukan penumpang di beberapa stasiun.

Beberapa warganet pun meluapkan kekesalannya dengan berkomentar di akun media sosial.

Menurut mereka, perubahan jadwal dengan rentang pemberangkatan yang cukup lama di beberapa stasiun dinilai tidak efektif dan justru membuat banyak penumpang yang tidak terangkut.

"@CommuterLine jadwal baru bukan solusi untuk memecah kepadatan." cuit @rioagussetiawan.

"Aneh bgt sblm2 nya ga serame ini sejak ada gapeka malah tmbh rame pdhl jdwal nya jg jd sama aja dan malah tambah telat mlu kreta ckckck @CommuterLine," tulis @Aninditaratrii.

"Banyak yg menjadi emosi pagi pagi loh @CommuterLine, KAI121. Pak @jokowi mohon di tindak lanjuti" cuit @Chitradwiestry.

"Biasa jam sgini (08:05) stasiun cakung udh sepi.. liat nihh sekarang, efek jadwal batu yg ktnya perjalanan krl di perbanyak.. bukrinya ga sesuai tuhh malah bikin penumpukan dmn2 @CommuterLine @CurhatKRL" cuit @brigittafeblina.

Tiga hari pasca pemberlakuan jadwal baru @CommuterLine @JalurCikarang @jalurbekasi situasi di Stabek masih belum normal. Apa komentarmu tweeps?" tulis @_sudiyana.

"Halo @CommuterLine sebetulnya anda ini targetnya mau memperbaiki pelayanan atau memperburuk ya, ganti jadwal malah bikin rusuh. Jam segini di sts Cisauk biasanya woles, ini nggak banget" tulis @muhruf.

Diketahui sebelumnya, PT KAI (Persero) telah mengubah jadwal perjalanan Kereta Rel Listrik (KRL) yang berlaku mulai Minggu (1/12/2019).

Dikutip TribunTravel dari laman krl.co.id, Sabtu (7/12/2019) PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mulai tanggal 1 Desember 2019 akan memberlakukan jadwal baru.

Jadwal baru perjalanan Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line ini sesuai Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) tahun 2019.

Hal tersebut ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, dalam Keputusan Menteri Perhubungan No: KP.1781 Tahun 2019 Tentang Penetapan Grafik Perjalanan Kereta Api Tahun 2019.

GAPEKA 2019 ini menggantikan GAPEKA tahun 2017 yang menjadi dasar penyusunan jadwal kereta, termasuk jadwal perjalanan KRL pada saat ini.

“Penyusunan GAPEKA 2019 ini telah berlangsung cukup lama, dengan memerhatikan berbagai masukan, utamanya adalah saran dari para pelanggan, pembangunan infrastruktur perkeretaapian, dan Sarana KRL yang dimiliki KCI. Kami berharap dengan memberlakukan jadwal baru berdasarkan GAPEKA 2019, para pengguna KRL dapat lebih terakomodir kebutuhannya.” jelas Direktur Utama PT KCI, Wiwik widayanti, dilansir dari laman krl.co.id.

Perubahan Jadwal KRL Jabodetabek, Terbaru Mulai 5 Desember 2019

Ada Perubahan Jadwal KRL, Mulai Desember 2019 Kereta Melintas 5 Menit Sekali

Perubahan Jadwal KRL, KCI Tambah Keberangkatan Rute Bekasi-Jakarta via Manggarai

Viral di Medsos, Warganet Emosi Keluhkan Perubahan Jadwal KRL

Jadwal KRL Jabodetabek Terbaru Desember 2019 Sesuai Gapeka 2019, Unduh di SIni

(TribunTravel.com/ Ratna Widyawati)

Penulis: Ratna Widyawati
Editor: Ambar Purwaningrum
Sumber: Tribun Travel

Berita Populer