Breaking News:

Liburan Natal dan Tahun Baru

Tak Ada Lampion, Candi Borobudur Hadirkan Atraksi Seni & Budaya saat Malam Tahun Baru 2023

Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah tidak akan menghadirkan lampion saat malam Tahun Baru 2023. Sebagai gantinya akan ada pertunjukan seni budaya

Editor: Nurul Intaniar
Mario La Pergola /Unsplash
Pemandangan Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah saat sunset 

TRIBUNTRAVEL.COM - Candi Borobudur masih menjadi tempat wisata budaya favorit bagi wisatawan.

Bahkan saat periode libur Natal dan Tahun Baru 2023 kali ini, antusias wisatawan untuk berwisata ke Candi Borobudur cukup banyak.

Pesona Candi Borobudur Magelang yang dipenuhi relief kuno
Pesona Candi Borobudur Magelang yang dipenuhi relief kuno (Yassine el Ouazzani /Unsplash)

Oleh sebab itu, tak heran jika kini PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (TWC) mulai menargetkan sebanyak 160.000 wisatawan yang akan berkunjung ke Candi Borobudur, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Menurut penuturan Direktur Utama PT TWC, Edy Setijono, target kunjungan ini ekuivalen dengan jumlah kunjungan 20.000-30.000 per hari yang terhitung sejak Sabtu (24/12/2022) hingga Senin (2/1/2023) mendatang.

Baca juga: Sandiaga Uno Tingkatkan Pengalaman Wisatawan ke Candi Borobudur Lewat Pola Perjalanan BToC

Akan tetapi angka tersebut masih terbilang tidak terlalu tinggi apabila dibandingkan dengan jumlah kunjungan sebelum pandemi Covid-19.

Seperti diketahui, sejak pandemi Covid-19 jumlah kunjungan pun menurun dan banyak tempat wisata yang menerima wisatawan secara terbatas.

Namun kini Candi Borobudur telah bersiap kembali menyambut wisatawan di masa libur Natal dan Tahun Baru 2023 dengan aman dan nyaman.

"Sebenarnya, angka ini tidak tinggi bila dibandingkan dengan angka sebelum pandemi. Di mana, sebelum pandemi kunjungan bisa mencapai 50 ribu per hari. tetapi sekali lagi, karena ini momentum awal jadi belum mengetahui euforia dari masyarakat seperti apa. Sehingga, kesiapannya betul-betul kita dorong untuk bisa menjamin bahwa kami mempersiapkan destinasi wisata yang aman dan nyaman," ujarnya saat ditemui di Taman Lumbini, Candi Borobudur,pada Senin (26/12/2022).

Ia menerangkan, pada libur natal kemarin (25/12/2022) jumlah kunjungan tembus di angka 16 ribu.

Sementara itu, pihaknya memperkirakan puncak terjadi pada 1 Januari 2023 dengan kunjungan diprediksi mencapai 24.372 wisatawan.

"Melihat situasi ini, kami akan konsen untuk kunjungan mulai 30,31, dan 1 januari mendatang," tuturnya.

Baca juga: Harga Tiket Masuk Candi Borobudur di Magelang Jawa Tengah untuk Libur Akhir Tahun 2022

Meskipun terjadi peningkatan kunjungan, pihaknya tetap menahan diri untuk tidak menggelar kegiatan yang bersifat masif.

Lantaran, menilai kondisi pandemi yang belum usai.

"Nataru ini, kami belum bisa menggelar kegiatan yang sifatnya terlalu masif. Karena masih dalam kondisi kehati-hatian pandemi Covid-19. Meskipun sekarang kondisi sudah makin longgar namun karena kami mengelola destinasi utama jadi harus punya konsen terhadap protokol kesehatan,"ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved