Breaking News:

Candi Borobudur Jadi Lokasi Kegiatan G20, Kunjungan Wisata Hanya di Area Zona 2

Candi Borobudur membatasi kunjungan wisata hanya di area Zona 2 sehubungan dengan digelarnya Puncak kegiatan G20 pada 12-13 September 2022.

Alain Bonnardeaux /Unsplash
Biksu Buddha di Candi Borobudur, Magelang Jawa Tengah. Kunjungan wisata dibatasi hanya di area Zona 2 sehubungan dengan digelarnya Puncak kegiatan G20 pada 12-13 September 2022. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Kompleks Taman Wisata Candi Borobudur menjadi lokasi terselenggaranya rangkaian kegiatan G20 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Sehubungan dengan adanya rangkaian kegiatan G20, kunjungan wisata di Candi Borobudur dibatasi.

Pengunjung yang menaiki Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. Kunjungan wisata dibatasi hanya di area Zona 2 seiring dengan puncak kegiatan G20 pada 12-13 September 2022.
Pengunjung yang menaiki Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. Kunjungan wisata dibatasi hanya di area Zona 2 seiring dengan puncak kegiatan G20 pada 12-13 September 2022. (Snowscat /Unsplash)

Pengunjung Candi Borobudur hanya dapat melakukan kunjungan wisata di area Zona 2, kecuali area Lumbini.

Hal ini diungkapkan oleh pihak pengelola Candi Borobudur melalui akun Instagram @borobudurpark.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Dekat Candi Borobudur, Jangan Lewatkan Momen Berburu Sunrise di Puthuk Setumbu

"Pengumuman layanan operasional Taman Wisata Candi Borobudur. Pada tanggal 12-13 September 2022 Puncak kegiatan G20 berpusat di area Zona 1 (pelataran/ halaman Candi Borobudur) dan Zona 2 Lumbini," tulis pihak pengelola Candi Borobudur dikutip TribunTravel pada Senin (12/9/2022).

Tonton juga:

"Untuk kunjungan wisata dapat dilakukan di area Zona 2, selain area Lumbini," imbuhnya.

Diikuti 900 Pelaku Seni Lokal & Nasional

Dilansir dari Kompas.com, Senin (12/9), setidaknya baik lokal maupun nasional, terlibat dalam pagelaran yang diadakan di dalam kompleks TWC Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, mulai 7-11 September 2022.

Dalam keterangan pers, Direktur Jenderal Kebudayaan, Kemendikbudristek, Hilmar Farid menjelaskan, ke depan kegiatan ini sebagai kegiatan dua tahunan agar dapat memfasilitasi para pelaku budaya sekaligus memperluas akses publik atas warisan budaya yang dimiliki Indonesia.

Pemandangan Candi Borobudur yang menawan. Kunjungan wisata dibatasi hanya di area Zona 2 sehubungan dengan digelarnya Puncak kegiatan G20 pada 12-13 September 2022.
Pemandangan Candi Borobudur yang menawan. Kunjungan wisata dibatasi hanya di area Zona 2 sehubungan dengan digelarnya Puncak kegiatan G20 pada 12-13 September 2022. (borobudurpark.com)

Baca juga: Indonesia Tipitaka Chanting Digelar Lagi, Ada Kereta Kencana Mahadhatu di Lumbini Candi Borobudur

"Dengan perkembangan teknologi, terutama di bidang media, kami ingin mendorong pemanfaatan teknologi agar publik memiliki akses yang semakin besar terhadap warisan budaya yang kita miliki dan dapat memanfaatkan warisan budaya tersebut sebagai sumber ilmu pengetahuan," ujar Hilman.

Untuk penyesuaian alur kunjungan ke Taman Wisata Candi Borobudur, terutama bagi pengunjung yang hendak menyaksikan pagelaran Indonesia Bertutur 2022, bisa masuk dari pintu gerbang Kalpataru yang berada di timur kawasan TWC Borobudur. 

Sementara bagi wisatawan reguler, tetap melalui pintu gerbang utama TWC Borobudur.

Baca juga: Presiden Jerman Pertama Kali Wisata ke Candi Borobudur, Terkesima hingga Bawa Pulang Sandal Upanat

Destinasi TWC Borobudur juga menerapkan perpanjangan jam operasional dari pukul 15.00 - 22.00 WIB bagi pengunjung Indonesia Bertutur 2022.

Halaman
12
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved