Breaking News:

KAI Resmi Buka 'Open House' Balai Yasa, Masyarakat Umum Bisa Lihat Tempat Perawatan Kereta Api

PT Kereta Api Indonesia (Persero) resmi membuka Open House Balai Yasa Kereta Api untuk pertama kalinya bagi masyarakat.

Dokumentasi KA Pariwisata
Balai Yasa Yogyakarta, tempat untuk perawatan dan perbaikan lokomotif dan kereta rel diesel (KRD) yang beroperasi di Pulau Jawa. 

TRIBUNTRAVEL.COM - PT Kereta Api Indonesia (Persero) resmi membuka Open House Balai Yasa Kereta Api untuk pertama kalinya bagi masyarakat umum.

Open House ini diselenggarakan di 3 Balai Yasa milik PT KAI dan berlangsung selama 3 hari.

Direktur Pengelolaan Sarana PT Kereta Api Indonesia (persero) Eko Purwanto saat memberikan sambutan ada acara Open House di Balai Yasa Surabaya Gubeng, Minggu (25/9/2022).
Direktur Pengelolaan Sarana PT Kereta Api Indonesia (persero) Eko Purwanto saat memberikan sambutan pada acara Open House di Balai Yasa Surabaya Gubeng, Minggu (25/9/2022). (Dok. PT KAI)

Pembukaan Open House di Balai Yasa Yogyakarta dilakukan pada Jumat (23/9/2022), di Balai Yasa Surabaya Gubeng pada Minggu (25/9/2022) dan di Balai Yasa Manggarai pada Senin (26/9/2022).

Direktur Pengelolaan Sarana KAI Eko Purwanto mengatakan, Open House Balai Yasa ini merupakan inovasi KAI untuk membuka diri.

Baca juga: Serunya Event KAI 100K 2022, Ribuan Pesepeda Tempuh Jarak 100 Km Keliling Jogja

KAI ingin masyarakat bisa melihat bagaimana dapur kereta api, tempat di mana KAI merawat seluruh sarana kereta api, baik lokomotif, kereta, KRD, KRDI maupun KRL.

Kegiatan tersebut juga merupakan rangkaian dari HUT ke-77 KAI yang jatuh pada 28 September dengan tema Bangkit Lebih Cepat, Melayani Lebih Baik.

“KAI membuka Open House di 3 Balai Yasa yang masing-masing memiliki ciri khas yang dapat terlihat kalau kita menyaksikan sendiri," kata Eko Purwanto.

"Open House ini diharapkan dapat memberikan value bagi pendidikan, pemerhati, dan masyarakat secara keseluruhan,” tambahnya, seperti dikutip dari laman kai.id, Senin (26/9/2022).

Baca juga: Potret Kereta Api Hype Trip, Punya Interior Unik Serta Dilengkapi Wifi hingga Kuliner Khas Milenial

Pada penyelenggaraan Open House Balai Yasa, KAI juga menyediakan stan-stan UMKM untuk turut berpartisipasi menjajakan berbagai produknya.

Sehingga, kegiatan ini tak hanya bernilai untuk edukasi tetapi juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

KAI mengimbau kepada seluruh pengunjung Open House Balai Yasa untuk mematuhi prosedur yang berlaku seperti menggunakan atribut safety yang telah KAI sediakan dan tidak menginjakkan kaki di area terlarang.

Suasana interior Balai Yasa Surabaya Gubeng.
Suasana interior Balai Yasa Surabaya Gubeng. Balai Yasa Surabaya Gubeng dibangun pada 1879 dan memiliki luas 10 hektare. (Dok. PT KAI)

Hal ini agar keselamatan pengunjung dalam kegiatan Open House Balai Yasa tetap terjaga.

Balai Yasa adalah bengkel kereta api yang difungsikan untuk melakukan perawatan besar sarana perkeretaapian periode 2 tahunan dan 4 tahunan dengan tingkat kesulitan kompleks.

Sarana yang dimaksud yaitu lokomotif, kereta penumpang, gerbong barang, dan fasilitas-fasilitas sarana lainnya.

Baca juga: Asyik! Kereta Panoramic Pertama di Indonesia Segera Hadir

Halaman
12
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved