Breaking News:

Pria Ditangkap Pihak Bandara saat Selundupkan Lebih dari 1.700 Hewan Liar Senilai Rp 11 Miliar

Coba selundupkan lebih dari 1.700 hewan liar di balik pakaiannya, seorang pria ditangkap pihak bandara dan mengaku bersalah.

Penulis: Ratna Widyawati
Editor: Sinta Agustina
Flickr/Edgar Jiménez
Ilustrasi penumpang saat boarding. Seorang pria ditangkap setelah mencoba menyelundupkan lebih dari 1.700 hewan liar di pakaiannya. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Seorang pria ditangkap pihak bandara setelah ketahuan mencoba menyelundupkan lebih dari 1.700 hewan liar.

Pria tersebut diketahui menyelundupkan hewan-hewan liar di dalam pakaiannya.

Ilustrasi penumpang di bandara. Seorang pria ditangkap setelah mencoba menyelundupkan lebih dari 1.700 hewan liar di pakaiannya.
Ilustrasi penumpang di bandara. Seorang pria ditangkap setelah mencoba menyelundupkan lebih dari 1.700 hewan liar di pakaiannya. (Unsplash/Neil Martin)

Ia pun mengaku bersalah setelah ditangkap pihak bandara yang mengagalkan aksi penyelundupannya ini.

Dilansir dari Daily Star, Senin (29/8/2022), pria California dari kota pesisir Oxnard, secara ilegal mengimpor makhluk-makhluk itu terutama dari Meksiko.

Baca juga: Viral Toko Jual Produk Bertema Kotoran, Jadi Perhatian Influencer dan Selebriti Asia

Hewan-hewan liar tersebut ditaksir memiliki nilai pasar lebih dari 739 ribu dolar AS atau sekira Rp 11 miliar.

Tonton juga:

Jose Manuel Perez yang juga menggunakan nama Julio Rodriguez, telah mengaku bersalah atas dua tuduhan penyelundupan barang dan satu tuduhan perdagangan satwa liar.

Dia menyelundupkannya di jaket, saku celana panjang dan area selangkangannya karena tidak memiliki izin yang diperlukan dan tidak pernah membuat deklarasi pabean selama penyeberangan perbatasan yang sering terjadi.

Menurut kesepakatan pembelaan, juga didengar di pengadilan bahwa Perez dan kaki tangannya menggunakan media sosial dari 2016 hingga Februari tahun ini untuk mengatur penyelundupan hewan-hewan itu, yang sebagian besar adalah reptil.

Ilustrasi buaya, Selasa (10/11/2020). Seorang pria ditangkap setelah mencoba menyelundupkan lebih dari 1.700 hewan liar di pakaiannya.
Ilustrasi buaya, Selasa (10/11/2020). Seorang pria ditangkap setelah mencoba menyelundupkan lebih dari 1.700 hewan liar di pakaiannya. (Pixabay/Pixel-mixer / 790 foto)

Baca juga: Viral Momen Penumpang Dibikin Panik Gegara Jendela Pesawat Retak saat Mengudara, Kok Bisa?

Termasuk di antara reptil yang bersumber dari Meksiko dan Hong Kong adalah bayi buaya, kadal Meksiko, kura-kura kotak Yucatan dan Meksiko.

Mereka diimpor tanpa izin atau deklarasi pabean yang diperlukan dan didorong melintasi perbatasan ke AS dengan mobil.

Mereka kemudian dikirim ke rumah Perez, barat laut Los Angeles dan menjualnya kepada pelanggan di seluruh negeri, menggunakan alias Julio Rodriguez-nya.

Selama periode satu tahun dari Februari 2021, Perez juga melintasi perbatasan AS di pelabuhan masuk San Ysidro di San Diego sekitar 36 kali, setelah menyewa sebuah rumah di Tijuana.

Dia akhirnya ditangkap dalam upaya untuk melintasi perbatasan pada 25 Februari tahun ini ketika ditemukan dengan 60 reptil yang disembunyikan di tas kecil di jaket, saku celana, dan area selangkangannya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved