Breaking News:

Viral Pelecehan Seksual oleh Petugas di Stasiun Ciamis, KAI Berikan Tindakan Tegas

PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberikan tindakan tegas kepada petugas yang melakukan pelecehan seksual di Stasiun Ciamis.

Dok. PT KAI
Ilustrasi perjalanan Kereta Api Indonesia. PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberikan tindakan tegas kepada pelaku pelecehan seksual yang beraksi pada layanan KAI. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Kasus pelecehan seksual kembali terjadi di lingkungan kereta api.

Kali ini, pelecehan seksual terjadi di Stasiun Ciamis, Jawa Barat.

Ilustrasi penumpang kereta api. PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberikan tindakan tegas kepada pelaku pelecehan seksual yang beraksi pada layanan KAI di Stasiun Ciamis.
Ilustrasi penumpang kereta api. PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberikan tindakan tegas kepada pelaku pelecehan seksual yang beraksi pada layanan KAI di Stasiun Ciamis. (Dok. PT KAI)

Pelaku pelecehan seksual di Stasiun Ciamis ialah seorang petugas kebersihan yang dilaporkan merekam penumpang di toilet.

Menanggapi insiden tersebut, PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberikan tindakan tegas kepada pelaku pelecehan seksual yang beraksi pada layanan KAI.

Baca juga: KAI Imbau Korban Pelecehan Seksual di Kereta Api Jangan Takut Lapor ke Petugas

KAI mengungkapkan, pihaknya akan terus menjaga keamanan dan kenyamanan kereta api sebagai moda transportasi umum agar tetap menjadi menjadi andalan masyarakat.

"Kami berkomitmen untuk terus menghadirkan layanan transportasi kereta api yang ramah serta nyaman bagi anak-anak dan perempuan," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus.

"Pelayanan prima akan selalu KAI hadirkan baik selama dalam perjalanan atau saat berada di lingkungan stasiun," imbuhnya, seperti dikutip dalam rilis kai.id, Sabtu (13/8/2022).

Terkait tindakan tidak etis yang dilakukan oleh petugas alih daya yang bekerja di Stasiun Ciamis, KAI menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada korban.

Sebagai bentuk komitmen perusahaan dalam memberikan pelayanan prima, KAI telah memecat oknum petugas kebersihan yang melakukan pelecehan seksual.

"KAI sama sekali tidak memberikan ruang untuk pelaku pelecehan seksual dalam berbagai layanan KAI," tegas Joni.

"KAI langsung melakukan tindakan tegas dan memberikan sanksi berat kepada pelaku pelecehan seksual tersebut," tuturnya.

Baca juga: 4 Hal yang Bisa Dilakukan Jika Mengalami atau Melihat Pelecehan Seksual di Kereta Api

Pada saat kejadian, KAI secara sigap langsung membuat pengaduan ke Polsek Ciamis setelah mendapatkan laporan dari pelanggan atas ketidaknyamanan yang dirasakan.

Korban tidak bermaksud membawa kasus ini ke ranah hukum karena menilai pemecatan tersebut sudah cukup untuk menghukum pelaku.

Jajaran KAI juga telah bertemu kembali dengan korban di kediamannya untuk menyampaikan permohonan maaf secara langsung dan memberikan dukungan atas trauma yang dirasakan.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved