Breaking News:

Lebaran 2022

Arus Balik Mudik Lebaran 2022: Tak Ingin Terjebak Macet? Waspadai 2 Titik Kemacetan Ini

kedua titik kemacetan itu diperkirakan akan terjadi di tol Semarang-Jakarta dan penyeberangan Bakauheni-Merak.

KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO
Antrean kendaraan pemudik terjadi di gerbang tol 

TRIBUNTRAVEL.COM - Buat kamu yang mau balik mudik lebaran, sebaiknya mengecek lokasi yang akan dilewati.

Ada sejumlah kawasan yang rawan kemacetan selama arus balik mudik lebaran 2022.

Menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, kedua titik kemacetan itu diperkirakan akan terjadi di tol Semarang-Jakarta dan penyeberangan Bakauheni-Merak.

"Dua titik utama yang diwaspadai terjadi kepadatan pada arus balik yaitu tol Semarang-Jakarta dan penyeberangan Bakauheni-Merak," terang Budi di Jakarta, Kamis (5/5/2022).

Baca juga: Traveler Bisa Balik Mudik Pakai Angkutan Motor Gratis Kereta Api Periode 5-9 Mei

Padatnya kendaraan yang melintasi Tol
Padatnya kendaraan yang melintasi Tol (WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA)

Baca juga: Tak Mudik ke Kampung Halaman, Desta dan Natasha Rizky Boyong Keluarga Libur Lebaran ke Bali

Ia juga mendukung diterapkannya rekayasa lalu lintas di jalur tol oleh pihak Korlantas Polri menyusul peningkatan pergerakan kendaraan mulai 4 Mei 2022.

"Dengan adanya peningkatan arus balik mulai Rabu Kemarin, menjadi indikasi bahwa masyarakat sudah kembali lebih awal. Insha Allah bisa mengurangi kepadatan di hari puncak arus balik pada tanggal 6 sampai dengan 8 Mei nanti,” kata Menhub.

Berdasarkan hasil koordinasi Korlantas Polri dengan Kemenhub dan juga Jasa Marga, dilaporkan bahwa ruas tol Cipali tidak akan mampu menampung kepadatan arus lalin baik pada jalur A dan B tanpa rekayasa lalin.

Volume capacity (VC) ratio sebesar 1,19 artinya volume kendaraan sudah melebihi kapasitas jalan.

"Hasil pantauan arus lalu lintas pada Rabu (4/5/2022) kemarin mulai pkl 06.00 WIB sd 18.00 WIB dilaporkan bahwa kendaraan yang telah melewati ruas jalan tol Cipali mengalami tren peningkatan," tutur Menhub.

Dilaporkan juga dari pantuan CCTV NTMC dan Command Center PJR, serta peta digital, telah terlihat adanya peningkatan pergerakan arus lalin dari timur menuju ke arah barat.

Baca juga: Lesti Kejora Mudik ke Cianjur, Ajak Rizky Billar Main di Air Terjun Dekat Rumah

Begitupun pantauan langsung di lapangan baik dari Polda Jateng, Polda Jabar dan Korlantas Polri, arus lalu lintas mengalami peningkatan dibandingkan hari sebelumnya.

Sementara Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru memprediksi puncak arus balik menuju Jakarta dan sekitarnya pada Minggu (8/5/2022).

Prediksi untuk jumlah kendaraan yang kembali ke Jabodetabek pada hari tersebut adalah sebanyak 269.444 kendaraan, naik 53,6 persen dari lalu lintas normal periode November 2021.

Angka prediksi tersebut merupakan kumulatif lalin yang diperkirakan menuju Jabotabek di beberapa Gerbang Tol (GT) barrier/utama, yaitu GT Cikampek Utama & GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung), GT Cikupa (arah Merak) dan GT Ciawi (arah Puncak).

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved