Breaking News:

MotoGP 2022

Tak Cuma MotoGP, Patung Jokowi Naik Motor Juga Jadi Pesona Favorit di Mandalika

Patung Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengendarai sepeda motor di dekat Sirkuit Mandalika juga banyak dikunjungi wisatawan.

Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
PATUNG JOKOWI - Suasana warga berfoto-foto dengan latarbelakang patung Presiden Joko Widodo menaiki sepeda motor di depan Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Kamis 17 Maret 2022 sore. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Pertandingan MotoGP di Sirkuit Mandalika ternyata tidak menjadi satu-satunya tujuan wisatawan.

Patung Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengendarai sepeda motor di dekat Sirkuit Mandalika juga banyak dikunjungi wisatawan.

Mereka ramai-ramai swa foto  atau foto bareng berlatar belakang patung karya seniman I Nyoman Nuarta tersebut.

"Pak Jokowi ini kan Presiden kita. Kepinginlah, walaupun hanya sekadar patung tetap foto karena kebanggaan kita," ujar warga dari Lombok, Nugrah Heni Retnowati.

Baca juga: Potret Para Pembalap Menikmati Keindahan Pantai di Lombok Sebelum Ajang MotoGP

Penampakan Patung Jokowi yang terpasang di Sirkuit Mandalika sejak Minggu (13/3/2022).
Penampakan Patung Jokowi yang terpasang di Sirkuit Mandalika sejak Minggu (13/3/2022). (TRIBUNLOMBOK.COM/SINTO)

Baca juga: Fakta Unik Mandalika, Tempat Ajang MotoGP 2022 yang Punya Banyak Wisata Tersembunyi

Heni mengaku senang ada patung Presiden Jokowi di Mandalika.

"Senang sekali ya. Banggalah di sini jadi tempat acara internasional seperti MotoGP dan ada patung Bapak Jokowi juga. Bangga tentunya," kata Heni.

Hampir senada dengan Heni, pelancong asal Surabaya Ani Surtini juga tidak ingin melewatkan momen berfoto dengan latarbelakang Presiden Jokowi naik motor.

"Harus bangga dan foto di sini karena Pak Jokowi yang membuat Indonesia tambah maju. Begitu lihat kainnya dibuka saya langsung lari ke sini untuk foto-foto," ungkap Ani.

Ia berharap Sirkuit Mandalika ini jangan cuma ramai dan digunakan pada saat event saja, tetapi harus dirawat secara rutin agar tetap terjaga, tidak kumuh atau semacamnya.

Sebelumnya, Juru bicara seniman pembuat patung, Djuki Ridwan mengatakan, patung Presiden Jokowi dibuat menggunakan bahan perunggu dan kuningan. 

"Bahannya dari perunggu atau kita sebut tembaga dan juga kuningan. Strukturnya pakai stensil. Berat kurang lebih tiga ton. Lama pengerjaan sih nunggu dua sampai tiga minggu," kata Djuki seusai pemasangan patung.

Ia menambahkan patung tersebut antikarat dan dapat bertahan sampai ratusan tahun. Tinggi patungnya mencapai sekitar 4 meter, dengan panjang sekitar 6-7 meter.

Sementara itu, di tengah berlangsungnya Free Practice (FP2) kelas Moto2 di Sirkuit Mandalika, Jumat (18/3/2022), tiga pesawat latih KT-1B Woong Bee terbang dan melintas di atas lintasan sirkuit.

Hal itu cukup mencuri perhatian para penonton di kursi grandstand zona G. Banyak dari mereka mengabadikan momen tersebut.

Halaman
12
Sumber: Tribun Lombok
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved