Breaking News:

KAI Kurangi Perjalanan KA Jarak Jauh hingga Perketat Syarat Penumpang Selama PPKM Darurat

PT Kereta Api Indonesia terus berupaya maksimal untuk mengurangi mobilitas masyarakat selama PPKM Darurat yang berlangsung hingga 20 Juli 2021.

Dok. PT KAI
Pelanggan kereta api jarak jauh mematuhi protokol kesehatan 

TRIBUNTRAVEL.COM - PT Kereta Api Indonesia (KAI) terus berupaya maksimal untuk mengurangi mobilitas masyarakat selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Beragam upaya terus dilakukan KAI mulai dari mengurangi perjalanan, membatasi kapasitas maksimal penumpang, memperketat persyaratan calon penumpang, serta meningkatkan pengawasan protokol kesehatan.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, "KAI mendukung penuh upaya pemerintah untuk menekan mobilitas atau pergerakan masyarakat di masa PPKM Darurat."

Baca juga: Jumlah Penumpang Kereta Api Turun Drastis Sejak PPKM Darurat Berlangsung

Selama masa PPKM Darurat yang berlangsung mulai 3 hingga 20 Juli 2021, KAI sudah mengurangi perjalanan KA Jarak Jauh hingga lebih dari separuhnya.

Rata-rata KA Jarak Jauh yang dioperasikan pada PPKM Darurat adalah 57 perjalanan KA per hari, turun 53 persen dibanding periode bulan Juni 2021 yaitu 122 perjalanan KA per hari.

“Di samping mengurangi perjalanan Kereta Api, pada masa PPKM Darurat ini, KAI hanya menjual tiket Kereta Api Jarak Jauh sebanyak 70 persen dari kapasitas maksimal tempat duduk untuk menjaga physical distancing,” kata Joni.

Ilustrasi penumpang kereta api
Ilustrasi penumpang kereta api (ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM)

Bagi calon penumpang yang sebelumnya telah membeli tiket namun perjalanan KA-nya dibatalkan, bea tiket akan dikembalikan 100 persen.

Proses pembatalannya pun dapat dilakukan sampai dengan H+30 dari tanggal yang tertera pada tiket di seluruh stasiun yang melayani penjualan tiket atau lewat Contact Center KAI melalui WhatsApp KAI121 di 08111-2111-121.

Perketat Aturan Naik KA

Upaya selanjutnya yang KAI lakukan dalam rangka mengurangi mobilitas masyarakat yaitu dengan memperketat persyaratan naik Kereta Api Jarak Jauh.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Ratna Widyawati
Editor: Nurul Intaniar
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved