Breaking News:

Ada Larangan Mudik, Menparekraf Izinkan Tempat Wisata Tetap Buka saat Libur Lebaran 2021

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan bahwa tempat wisata akan tetap dibuka selama libur Lebaran 2021.

Editor: Nurul Intaniar
Glen Jackson /Unsplash
Ilustrasi turis yang sedang berpose dengan latar belakang pantai 

TRIBUNTRAVEL.COM - Kebijakan Pemerintah Indonesia terkait larangan mudik akan ditetapkan mulai 6-17 Mei 2021.

Larangan mudik ini dilakukan guna mencegah penyebaran Covid-19 selama libur Lebaran 2021.

Menanggapi kebijakan tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan bahwa tempat wisata akan tetap dibuka selama libur Lebaran 2021 sesuai dengan protokol kesehatan.

Sandi meminta pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif lokal memaksimalkan persiapan protokol kesehatan ketat ke pengunjung di tengah momentum larangan mudik.

"Saya melihatnya akan ada reposisi, destinasi wisata lokal akan mendapatkan kunjungan karena banyak masyarakat yang tidak bisa ke kampung halaman," jelas Sandiaga, Rabu (14/4/2021).

Dia juga meminta pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif untuk mempersiapkan crowd management.

Baca juga: Terbaru! Harga Tiket Masuk Saloka Theme Park, Tempat Wisata dengan Beragam Wahana Seru

Ilustrasi turis yang sedang berpose dengan latar belakang pantai
Ilustrasi turis yang sedang berpose dengan latar belakang pantai (Glen Jackson /Unsplash)

"Masyarakat akhirnya akan menghabiskan libur Lebaran dalam bingkai PPKM skala mikro dengan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin," kata Sandiaga.

Menparekraf menekankan keputusan ini harus disikapi dengan penuh tanggung jawab oleh seluruh elemen masyarakat, pelaku usaha, untuk beradaptasi dan bekerja sama dengan Pemda dan Satgas Covid-19 setempat untuk memaksimalkan protokol kesehatan dan pelayanan di destinasi.

"Prokes itu seperti kapasitas yang dikurangi, adaptasi digital, adaptasi seperti inilah yang perlu dilakukan," kata dia.

Pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemda dan pihak-pihak terkait lainnya untuk turut serta melakukan pemantauan dan pengawasan seperti Polda Metro Jaya yang menyatakan akan menjalankan instruksi pemerintah soal larangan mudik Lebaran.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved