Breaking News:

Mengunjungi Museum Benteng Vredeburg, Tempat Wisata Edukasi Andalan Yogyakarta

Museum Benteng Vredeburg wisata edukasi menarik untuk semua kalangan yang menceritakan perjuangan bangsa Indonesia.

TribunTravel/Arimbi Haryas Prabawanti
Museum Benteng Vredeburg 

TRIBUNTRAVEL.COM- Berwisata ke museum adalah salah satu cara untuk menikmati liburan sembari mendapatkan pengetahuan dan pengalaman unik.

Salah satu museum yang cocok untuk dijadikan alternatif liburan adalah Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta yang beralamat di Jalan Margo Mulyo Nomor 6, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta.

Sebelum dijadikan museum, Benteng Vredeburg dibangun atas permintaan Belanda dengan dalih untuk menjaga keamanan keraton dan sekitarnya.

Akan tetapi, di balik itu, maksud Belanda yang sesungguhnya adalah memudahkan dan mengontrol segala perkembangan yang terjadi di dalam keraton. 

Tiket Museum Benteng Vredeburg, Selasa (6/4/2021).
Tiket Museum Benteng Vredeburg, Selasa (6/4/2021). (TribunTravel/Arimbi Haryas Prabawanti)

Benteng Vredeburg dibangun pada 1760 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) I atas permintaan Belanda yang pada masa itu Gubernur dari Direktur Pantai Utara Jawa dipimpin oleh Nicolaas Harting.

Saat mengunjungi Museum Benteng Vredeburg pada Selasa (6/4/2021), TribunTravel diajak untuk melihat 4 diorama yang menceritakan sejarah Indonesia.

Adapun penataan diorama itu dibagi menjadi 4 karena menyesuaikan periodisasi sejarah Indonesia dari masa penjajahan hingga orde baru, lengkap dengan keterangan tempat dan waktunya.

Bukan hanya itu, pengunjung juga diajak untuk memainkan games virtual lewat layar monitor untuk menghilangkan kejenuhan dan memudahkan dalam mengingat kembali keterangan sejarah yang diberikan saat berkeliling museum.

Pada Museum Benteng Vredeburg, pengunjung juga bisa masuk ke ruang pengenalan yang berfungsi sebagai studio mini dengan kapasitas kurang lebih 50 orang.

Di ruangan tersebut, pengunjung bisa menonton film-film dokumenter dengan durasi 10-15 menit sambil beristirahat sebelum melanjutkan kunjungan ke ruang lainnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Arimbi Haryas Prabawanti
Editor: Sinta Agustina
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved