Breaking News:

Rekomedasi Wisata

Jelajah Air Terjun Sumuran, Wisata Alam Tersembunyi di Lereng Gunung Telomoyo

Mengunjungi air terjun Sumuran di lereng gunung Telomoyo yang unik, mudah dijangkau dan harga tiketnya murah.

TribunTravel/Arimbi Haryas Prabawanti
Air Terjun Sumuran 

TRIBUNTRAVEL.COM - Udara sejuk dan pemandangan indah pegunungan menyapa setiap pengunjung yang datang ke Kabupaten Magelang.

Tak heran jika kabupaten yang diapit lima gunung yakni Merapi, Merbabu, Telomoyo, Tidar dan Sumbing itu selalu ramai akan wisatawan.

Wisata yang belakangan cukup ramai diperbincangkan para traveller yakni Air Terjun Sumuran yang terletak di Desa Seloprojo, Kecamatan Ngablak, Magelang, Jawa Tengah, tepatnya di lereng Gunung Andong.

Wisata alam yang dibuka sejak 1987 itu awalnya dinamai Seloprojo, lantaran mengikuti nama desa tempat air terjun tersebut berada.

Air Terjun Seloprojo
Air Terjun Seloprojo (TribunTravel/Arimbi Haryas Prabawanti)

Namun, tak lama kemudian, namanya diubah menjadi Air Terjun Sumuran karena persis di atas air terjun terdapat mata air besar berbentuk bulat seperti sumur, dengan kedalaman sekitar 20 meter.

Hal ini menjadikan Air Terjun Sumuran tergolong unik, karena umumnya air terjun biasanya berasal dari sungai yang mengalir di atasnya.

Penasaran akan keunikan dan keindahan wisata alam tersebut, TribunTravel memutuskan untuk mengunjunginya pada Minggu (28/3/2021).

Setelah mencobanya, ternyata, cara untuk bisa sampai ke lokasi Air Terjun Sumuran cukup mudah, bahkan petunjuknya cukup jelas diberikan.

Meski belum tersedia transportasi umum, jangan khawatir, jalan hingga menuju desanya sudah terkondisi baik, sehingga kendaraan roda empat bisa digunakan meski parkirnya hanya bisa sampai depan gapura penanda air terjun.

Sedangkan bagi pengunjung yang datang menggunakan sepeda motor, bisa memarkirkannya hingga samping loket masuk Air Terjun Sumuran.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Arimbi Haryas Prabawanti
Editor: Rizky Tyas Febriani
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved