Breaking News:

PT KAI Bagikan Panduan Naik KA Jarak Jauh Selama Libur Isra Miraj dan Nyepi 2021

PT Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta belum lama ini mengeluarkan aturan dan panduan baru naik KA Jarak Jauh selama long weekend ini.

Editor: Nurul Intaniar
Dok. PT KAI
Ilustrasi penumpang yang melakukan perjalanan naik Kereta Api Indonesia 

TRIBUNTRAVEL.COM - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta belum lama ini mengeluarkan aturan dan panduan baru naik KA Jarak Jauh selama long weekend ini.

Dalam panduan naik KA Jarak Jauh selama libur Isra Miraj dan Hari Raya Nyepi 2021 ini, ada sejumlah perubahan yang berlaku.

Satu di antaranya adalah masa berlaku surat keterangan negatif COVID-19 selama libur Isra Miraj dan Hari Raya Nyepi 2021.

Pada libur keagamaan Isra Mikraj yang jatuh pada 11 Maret 2021 kemarin, serta Hari Raya Nyepi pada 14 Maret 2021, surat keterangan negatif COVID-19 dengan metode RT-PCR/Rapid Antigen/GeNose C19 harus diambil dalam kurun waktu 1x24 jam sebelum keberangkatan.

Aturan tersebut tertera dalam Surat Edaran Satgas Penanganan COVID-19 No 7 Tahun 2021 dan Surat Edaran Kementerian Perhubungan No 20 Tahun 2021.

Baca juga: Layanan Rapid Test Antigen dari PT KAI Kini Hadir di 43 Stasiun

Berikut ini panduan lengkap naik KA Jarak Jauh di masa libur keagamaan:

Situasi di dalam gerbong kereta api.
Situasi di dalam gerbong kereta api. (DOK. HUMAS KAI)

1. Masa berlaku surat bukti

Seperti disebutkan tadi, masa berlaku surat keterangan negatif COVID-19 dengan metode apa pun adalah 1x24 jam.

2. Aturan biasanya

Di hari-hari selain masa libur keagamaan, syarat surat bukti negatif COVID-19 lebih longgar, yakni sampel diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam sebelum keberangkatan.

3. Calon penumpang anak

Selain aturan tersebut, calon penumpang anak di bawah lima tahun tidak diwajibkan melakukan tes RT-PCR/Rapid Antigen/GeNose C19 untuk syarat naik KA Jarak Jauh.

4. Bisa tes di stasiun

Saat ini, KAI telah menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19 di 12 stasiun.

Stasiun tersebut di antaranya adalah Stasiun Pasar Senen, Gambir, Bandung, Cirebon, dan Semarang Tawang.

Selain itu juga tersedia di Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, dan Malang.

Harga tes GeNose C19 di stasiun-stasiun tersebut adalah Rp 20.000.

KAI juga masih menyediakan Rapid Test Antigen seharga Rp 105.000 di 45 stasiun di Jawa dan Sumatera.

Stasiun-stasiun tersebut di antaranya adalah, Gambir, Pasar Senen, Bandung, Kiaracondong, Tasikmalaya, Banjar, Cirebon, Cirebon Prujakan, dan Jatibarang.

Kemudian ada Semarang Poncol, Semarang Tawang, Tegal, Pekalongan, Cepu, Purwokerto, Kebumen, Kutoarjo, Kroya, Yogyakarta, Lempuyangan, Solo Balapan, Purwosari, Klaten, Madiun, Blitar, Jombang, Kediri, dan Kertosono.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved