Breaking News:

TRIBUNTRAVEL UPDATE

TRAVEL UPDATE: Sandiaga Uno Bahas Visa Long Term, Wisatawan Asing Bisa Tinggal 5 Tahun di Indonesia

Visa long term ini akan menyasar wisatawan pebisnis yang masuk ke Indonesia selama tiga hingga empat bulan per tahun.

Flickr/bastamanography
Ilustrasi pengajuan visa Indonesia. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Direktorat Jenderal (Dirjen) Kementerian Hukum dan HAM saat ini sedang merumuskan konsep visa long term stay atau second home untuk wisatawan asing.

Hal ini disampikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno dalam audiensi yang digelar Tribunnews melalui Aplikasi Zoom pada Rabu (10/2/2021).

"Saat ini kami yang menjadi leading sector sedang merumuskan dengan beberapa fitur-fitur visa long term stay untuk wisatawan-wisatawan asing tentunya," kata Sandiaga Uno.

Nantinya, visa long term ini akan menyasar wisatawan pebisnis yang masuk ke Indonesia selama tiga hingga empat bulan per tahun.

Baca juga: TRAVEL UPDATE: Menegok Masjid Muhammadan, Tempat Ibadah yang Dibangun dari Putih Telur dan Gula

"Mereka yang memiliki komitmen untuk mendepositkan dananya. Di sisi lain perbankan nasional akan mengunci dana tersebut selama lima tahun dengan catatan masih menjadi pemilik yang punya. Dan di saat yang bersamaan wisatawan tersebut bisa mendapatkan visa mereka yang berlaku selama lima tahun," jelasnya.

Konsep dari visa long term stay atau second home untuk visa lima tahun adalah wisatawan asing mendepositkan uang mereka sebesar Rp 2 miliar untuk wisatawan individu, sementara Rp 2,5 miliar untuk wisatawan keluarga.

Bali Jadi Satu Destinasi Wisata Unggulan

Bali menjadi satu destinasi wisata unggulan dalam program visa long term stay ini.

Sandiaga Uno mengatakan, "Ini tentunya ditunjang dengan fasilits kesehatan yang baik dan tersedia."

"Harapannya dengan adanya visa long term ini mampu meningkatkan kualitas pariwisata dari segi lama kunjungan dan jumlah pengeluaran, sehingga berdampak ekonomi yang lebih bear bagi masyarakat ekonomi lokal," imbuhnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Ratna Widyawati
Editor: Sinta Agustina
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved