Breaking News:

Terbaru! PT KAI Gratiskan Pembatalan dan Reschedule Tiket KA Jarak Jauh hingga 3 Bulan

PT Kereta Api Indonesia gratiskan pembatalan dan penjadwalan ulang tiket KA Jarak Jauh hingga 3 bulan.

Kompas.com/MUHAMAD SYAHRI ROMDHON
Ilustrasi perjalanan kereta api Indonesia 

TRIBUNTRAVEL.COM - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mewajibkan seluruh penumpang KA Jarak Jauh di Pulau Jawa untuk Rapid Test Antigen.

Aturan tersebut sesuai dengan Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 No 3 Th 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Selama Libur Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021 dalam Masa Pandemi Covid-19 dan Surat Edaran Kemenhub No 23 Th 2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Perkeretaapian Selama Masa Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021 dalam Masa Pandemi Covid-19.

Dengan adanya syarat Rapid Test Antigen ini, PT KAI memperbarui kebijakannya dengan mengizinkan pembatalan dan reschedule atau penjadwalan ulang tiket KA Jarak Jauh dalam jangka waktu hingga 3 bulan.

Menariknya lagi, calon penumpang yang ingin membatalkan tiket atau mengubah jadwal bisa melakukannya secara gratis.

Dengan kemudahan ini, calon penumpang tidak perlu takut tiket akan hangus dalam waktu dekat karena masih bisa diubah jadwal atau dibatalkan sampai tiga bulan setelah tanggal keberangkatan.

Jika dalam jangka waktu paling lambat tiga bulan dari tanggal yang tertera pada tiket calon penumpang belum juga memilih alternatif yang diberikan, maka tiket tersebut barulah dinyatakan tidak berlaku.

Baca juga: Mulai Hari Ini, PT KAI Wajibkan Penumpang KA Jarak Jauh untuk Rapid Tes Antigen

PT KAI Daop 8 Surabaya
PT KAI Daop 8 Surabaya (suryatravel/istimewa)

Saat itu tiket tidak dapat ditukarkan kembali, baik dalam bentuk uang tunai atau tiket yang baru.

Aturan wajib calon penumpang KA Berdasarkan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 23 Tahun 2020 dan Nomor 3 Gugus Tugas Covid-19, berikut ini aturan wajib untuk calon penumpang KA pada masa angkutan Nataru 2020/2021.

1. Menunjukkan surat keterangan rapid test antigen dengan hasil negatif paling lambat 3x34 jam atau H-3 sebelum keberangkatan (anak di bawah usia 12 tahun tidak diwajibkan).

2. Surat keterangan tersebut juga bisa menggunakan metode swab test PCR.

3. Dalam kondisi sehat. Tidak menderita flu, pilek, batuk, hilang daya penciuman, diare, dan demam. Suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius.

4. Wajib menggunakan masker kain tiga lapis atau masker medis menutupi hidung dan mulut serta menggunakan face shield dari stasiun keberangkatan, dalam perjalanan, sampai stasiun tujuan.

5. Menggunakan pakaian pelindung berupa jaket atau lengan panjang.

TONTON JUGA:

Puncak volume keberangkatan

Sementara itu, Rabu (23/12/2020) jadi puncak volume keberangkatan penumpang tertinggi yang berangkat dari Daop 1 Jakarta selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020/2021 yang berlangsung 18 Desember 2020–6 Januari 2021.

Berdasarkan data reservasi, total ada 16.700 pengguna jasa KA yang berangkat dari Daop 1 Jakarta.

Di antaranya sebanyak 11.300 penumpang keberangkatan dari Stasiun Gambir dan 5.400 penumpang keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen.

Untuk periode Rabu (23/12/2020), total perjalanan mencapai 39 KA dengan rincian 17 KA dengan keberangkatan Stasiun Gambir, 20 KA keberangkatan Stasiun Pasar Senen, dan 2 KA keberangkatan Stasiun Jakarta Kota.

Untuk informasi jadwal perjalanan KA secara lengkap dapat diketahui melalui saluran resmi milik PT KAI (Persero) diantaranya aplikasi KAI Access, website resmi kai.id, Contact Center 121 line (021)121, Layanan pelanggan cs@kai.id dan Sosial media @keretaapikita @kai121_.

Baca juga: Catat! PT KAI Tak Bakal Terima Hasil Rapid Test dari 3 Klinik di Sekitar Stasiun Pasarsenen Ini

Baca juga: 4 Lokasi Rapid Test Antigen di Jakarta dan Tangerang yang Disediakan Lion Air

Baca juga: Hasil Rapid Antigen Calon Penumpang Pesawat di Bandara Adi Soemarmo Ketahuan Reaktif

Baca juga: Cara Dapatkan Rapid Test Antigen Gratis di Sulsel, Coba Daftar ke Website Ini

Baca juga: Catat! Daftar 13 Stasiun Kereta Api yang Melayani Rapid Test Antigen

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ada Syarat Rapid Antigen, KAI Beri Jangka Waktu 3 Bulan untuk Pembatalan dan Ubah Jadwal".

(TribunTravel.com/Nurul Intaniar)

Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved