Breaking News:

Perusahaan Amerika Serikat Tawarkan Pengalaman Menyelam ke Bangkai Kapal Titanic

Sebuah perusahaan pariwisata Amerika Serikat (AS) akan menawarkan perjalanan menyelam ke kapal Titanic dengan biaya Rp 1,8 miliar.

Flickr/ Roderick Eime
Ilustrasi bangkai kapal Titanic 

TRIBUNTRAVEL.COM - Sebuah perusahaan pariwisata Amerika Serikat (AS) akan menawarkan perjalanan menyelam ke kapal Titanic yang legendaris.

Melansir dari laman thenational.ae, Selasa (3/11/2020), pengalaman menarik itu dibanderol dengan biaya sebesar 125.000 dolar atau setara Rp 1,8 miliar.

Pada Mei 2021, OceanGate Expeditions menyelenggarakan enam ekspedisi selama 10 hari untuk tim penjelajah yang akan mengunjungi bangkai kapal Titanic.

Diketahui bangkai kapal Titanic tersebut sekarang berada pada kedalamana 3.800 meter di bawah permukaan.

Baca juga: Perbandingan Titanic dan Kapal Pesiar Terbesar Saat Ini, Mana yang Lebih Mewah?

Kapal Titanic secara tragis tenggelam pada tanggal 15 April 1912, menyebabkan hilangnya lebih dari 1.500 nyawa.

Beberapa tahun kemudian, hanya beberapa ratus ilmuwan dan peneliti yang dapat mengunjungi bangkai kapal tersebut.

"Mulai musim panas 2021, tim penjelajah akan menyelam 3.800 meter di bawah permukaan Atlantik Utara menuju lokasi bangkai kapal Titanic. Ekspedisi bersejarah ini akan membuka kesempatan bagi masyarakat untuk berpartisipasi sebagai anggota aktif dalam tim," tulis keterangan dalam situs OceanGate Expeditions.

Diharapkan proyek ini akan berlanjut pada musim panas 2022, dengan tujuan menjelajahi reruntuhan kapal secara menyeluruh.

"Orang-orang ini akan membantu mencapai tujuan ilmiah dan mendokumentasikan kondisi terkini dari bangkai kapal bersejarah. Dengan pelatihan langsung dan instruksi lanjutan, kesempatan unik ini akan menghubungkan para penjelajah dan ilmuwan amatir dengan petualangan ilmiah yang sesungguhnya," tulis situs tersebut.

Namun, ada kritikan atas rencana membawa kelompok penyelam ke tempat peristirahatan lebih dari 1.500 orang tersebut.

“Semua tulangnya hilang. Tidak ada mayat di bawah sana. Ada sepatu boot, sepatu, dan pakaian yang menunjukkan keberadaan orang-orang 100 tahun lalu, dan itu sangat menyedihkan," ungkap Stockton Rush, presiden OceanGate Expeditions mengatakan kepada Bloomberg.

Perusahaan ini bertujuan untuk membawa penyelam ke kedalaman yang jauh lebih dalam daripada yang dapat dicapai dengan scuba, tetapi itu memerlukan biaya yang cukup besar.

Total ada 9 orang yang disebut sebagai 'mission specialists' yang akan diizinkan pada setiap ekspedisi, tiga per penyelaman, yang masing-masing akan membayar 125.000 dolar untuk 10 hari berlayar dari St John's, Newfoundland, Bloomberg melaporkan.

Penyelaman akan memakan waktu enam hingga delapan jam untuk mencapai situs bangkai kapal Titanic, menjelajah, dan kembali ke permukaan.

RMS Titanic, bersiap untuk berangkat dari Pelabuhan Southampton, pergi ke Normandy dan menjemput penumpang, lalu memulai pelayaran perdananya ke New York.
RMS Titanic, bersiap untuk berangkat dari Pelabuhan Southampton, pergi ke Normandy dan menjemput penumpang, lalu memulai pelayaran perdananya ke New York. (Garis Bintang Putih / CC BY-SA (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0))
Halaman
12
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved